Tuesday , 25 April 2017
HAM HIGHLIGHT
Home / Info Kanwil / 1500an Pelajar Ikut Diseminasi HAM dan Pengukuhan Duta Hukum dan HAM
1500an Pelajar Ikut Diseminasi HAM dan Pengukuhan Duta Hukum dan HAM

1500an Pelajar Ikut Diseminasi HAM dan Pengukuhan Duta Hukum dan HAM

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat bekerjasama dengan Bagian Hukum Pemerintah Kota Cirebon, Selasa 18 April 2017 bertempat di SMA N 1 Cirebon melaksanakan Apel Pengukuhan Duta Hukum dan HAM Kota Cirebon dan Diseminasi HAM. Apel dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan Daerah Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Cirebon Agus Mulyadi yang juga merupakan alumni dari SMA N 1 Cirebon. Dalam kesempatan tersebut disampaikan mengenai pentingnya kesadaran hukum dan ham bagi pelajar yang harus ditanamkan sejak dini.

Acara apel Pengukuhan Duta Hukum dan HAM Kota Cirebon diikuti oleh 1500an siswa/siswi baik dari SMA N 1 Cirebon maupun perwakilan sekolah-sekolah undangan yang akan dikukuhkan sebagai Duta Hukum dan HAM. Sebanyak kurang lebih 64 pelajar perwakilan sekolah SMA/SMK/MA sekota Cirebon dikukuhkan sebagai Duta Hukum dan HAM.

Pengukuhan Duta Hukum dan HAM dilakukan oleh Kepala Bidang Hak Asasi Manusia Hasbullah Fudail mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Dalam sambutannya, Hasbullah mengatakan bahwa pengukuhan Duta Hukum dan HAM ini merupakan program yang diinisiasi oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk menciptakan kader-kader pelajar yang menjadi pelopor sadar hukum dan ham di sekolahnya masing-masing. Tingginya angka kriminalitas dikalangan pelajar, baik itu bullying, peredaran gelap narkotika, maupun tawuran menjadi salah satu alasan perlunya para Duta Hukum dan HAM disetiap sekolah. Tidak lupa Hasbullah mengucapkan terimakasih kepada Bagian Hukum Pemerintah Kota Cirebon, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan SMA N 1 Cirebon atas bantuan dan kerjasamanya sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar.

Setelah pengukuhan selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Diseminasi Hak Asasi Manusia yang diikuti oleh para Duta Hukum dan HAM Kota Cirebon. Acara tersebut menghadirkan narasumber dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, Ibu Suciati dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Kolonel Tjetjep Darmawan sebagai Kepala perwakilan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia di Jawa Barat.

Acara Diseminasi HAM ini dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan dan menguatkan pengetahuan dan pemahaman para pelajar, khususnya Duta Hukum dan HAM, mengenai Hak Asasi Manusia baik dari sisi teori maupun dari sisi praktik dilapangan, pentingnya bela negara serta peran pelajar dalam peningkatan kesadaran hukum dan ham.

Duta, Hukum, Pelajar

Pelaksanaan Apel dan Pengukuhan Duta Hukum dan HAM

Apel Pengukuhan Duta Hukum dan HAM 2

Pelaksanaan Apel dan Pengukuhan Duta Hukum dan HAM

Apel Pengukuhan Duta Hukum dan HAM 3

Narasumber pada Acara Diseminasi HAM berasal dari, Kanwil Kemenkumham Jabar, Disdik Provinsi Jabar, dan Perwakilan Kementerian Pertahanan

Apel Pengukuhan Duta Hukum dan HAM 4

Para Duta Hukum dan HAM, serta perwakilan pelajar mengikuti Diseminasi HAM

Test

TEst