Indonesia Tuan Rumah Konferensi Hak Politik Penyandang Disabilitas

JAKARTA – Selama dua hari, Jakarta akan menjadi tuan rumah konferensi yang bertujuan mencari penyelesaian atas tantangan yang dihadapi penyandang disabilitas dalam mengakses sistem kepemiluan. Para delegasi dari seluruh penjuru Asia Tenggara akan menghadiri Dialog Regional Jaringan Pemilihan Umum Akses Disabilitas (AGENDA) ke-3 yang akan diselenggarakan pada 28-29 Januari 2015.

Disability Right Advisor AGENDA, Risnawati Utami, menjelaskan, Dialog regional yang akan diselenggarakan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, ini diselenggarakan oleh AGENDA bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Persatuan Penyelenggara Pemilu Dunia (Association of World Election Bodies, AWEB).

Salah satu poin utama dilakukannya dialog semacam ini lantaran sebagian besar dari 11 juta warga negara Indonesia yang menyandang disabilitas tidak diikutsertakan dalam proses kepemiluan disebabkan oleh stigma sosial dan diskriminasi, kurangnya materi pendidikan pemilih yang aksesibel, dan lemahnya penerapan regulasi yang menjamin hak-hak politik dan kepemiluan penyandang disabilitas.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa partisipasi penyandang disabilitas dalam pemilu masih sangat rendah. Padahal, sebagai warga negara Indonesia, para penyandang disabilitas juga memiliki hak pilih yang sama dengan warga negara lainnya (UU No. 19 Tahun 2011). Undang-Undang ini juga menyebutkan negara memiliki kewajiban untuk mewujudkan hak penyandang disabilitas dan menjamin kesamaan hak dan kebebasan yang mendasar yang salah satunya adalah hak untuk mendapatkan perlindungan dan pelayanan dalam pemilu.

http://news.okezone.com/read/2015/01/22/337/1095601/indonesia-tuan-rumah-konferensi-hak-politik-penyandang-disabilitas

Post Author: operator.info1