HAM Hadir di SMAN 2 Kota Bogor

Kota Bogor, ham.go.id – Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM menyelenggarakan kegiatan Diseminasi HAM bagi pelajar di SMAN 2 Kota Bogor bertempat di Aula Sekolah yang diikuti oleh 70 peserta, Kamis (11/8).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Hak Asasi Manusia kepada Pelajar, khususnya hak anak dan pelajar yang diimbangi dengan kewajiban manusia seperti menghormati Hak Asasi Orang lain dan taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan yang diikuti oleh siswa/siswi kelas X dan XI tersebut dibuka oleh Kepala SMAN 2 Kota Bogor, Surya Setiamulyana. Dalam sambutannya Surya mengapresiasi dan menyambut positif kegiatan yang dilakukan dan merupakan bentuk kehormatan bagi SMAN 2 Kota Bogor karena telah dipilih sebagai tempat diseminasi HAM. Kedepan lanjur Surya, para siswa dapat memahami betul esensi Hak Asasi Manusia agar permasalahan di kalangan remaja dapat diminimalisir.

Senada dengan Surya, menurut Kasubdit Diseminasi dan Penguatan HAM Wilayah II, Darsyad menyatakan “ Permasalahan remaja, utamanya bagi pelajar semakin kompleks. Berbagai peristiwa dan kasus yang mewarnai berita nasional maupun internasional menjadi bagian yang tidak bisa dipungkiri telah menggerus mental para pelajar kita, misalnya kasus LGBT (Lesbian, gay, biseksual dan transgender), Bullying, kekerasan, kejahatan dan tindak pidana lainnya. Bahkan, tidak sedikit pelajar kita yang terjerumus dalam permasalahan tersebut,”.

Oleh karena itu menurut Darsyad, peran negara begitu penting untuk melindungi warga negaranya, sesuai Pembukaan UUD 1945, bahwa negara wajib untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Senada dengan hal tersebut, sesuai denga Nawa Cita Presiden Joko Widodo bahwa “menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara merupakan prioritas pertama dalam pembangunan manusia seutuhnya.

“Komitmen negara juga kuat dilihat dari kemauan politik yang sangat besar dengan melakukan amandemen Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pasal 28 I angka 4, yang menyatakan bahwa “Perlindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara terutama pemerintah”, Tutup Darsyad. (ion)

Post Author: operator.diskuat1