Ditjen HAM mendorong Perpu. Pencegahan Perkawinan Anak untuk melindungi Hak-hak Anak

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM Cq. Direktorat Instrumen HAM telah melaksanakan Rapat Koordinasi Analisis Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Kelompok Rentan membahas Rancangan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Pencegahan Perkawinan Anak di ruang rapat lantai 2 Gedung Ditjen HAM, Senin (17/9).

Rapat dibuka oleh Direktur Instrumen HAM, Timbul Sinaga dan di hadiri seorang narasumber, yaitu Dian Kartika Sari, Sekretaris Jenderal Koalisi Perempuan. Pertemuan dihadiri 15 peserta yang merupakan perwakilan dari Kementerian/Lembaga terkait dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Dian menyampaikan, “Kegagalan atau pengabaian dalam pemenuhan Hak Anak akan berakibat pada kegagalan dalam pemajuan, perlindungan HAM, dan seringkali berlanjut pada kegagalan melindungi dan memenuhi hak anak pada generasi berikutnya”. Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut narasumber menyatakan, “Sebaliknya, keberhasilan dalam pemenuhan Hak Anak, akan menjadi investasi social untuk pemajuan, perlindungan dan pemenuhan HAM” ujarnya.

Post Author: operator.instrumen1