Masyarakat Pathuk Yogyakarta Mengharapkan Perlindungan Hukum ke Kantor Wilayah Kemenkumham DIY

Yogyakarta, han.go.id – Rapat Koordinasi Pelayanan Komunikasi Masyarakat dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM pada hari Selasa, 23 Oktober 2018, dalam rangka menindaklanjuti pengaduan masyarakat warga Pathuk Dipoyudan RT.028 RW 005 Kelurahan Ngampilan, Kecamatan Ngampilan Kota Yogyakarta. Pengaduan disampaikan berkaitan dengan eksekusi yang dilakukan pihak Korem 072 Pamungkas kepada warga kampung Pathuk yang sudah mendiami kampung tersebut selama bertahun-tahun. Rapat dihadiri perwakilan dari  Korem 072 Pamungkas, Polda DIY, Karaton Ngayogyakarto, Biro hukum Pemda DIY, Kantor Pertanahan dan Tata Ruang Pemda DIY, Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta, Lurah Ngampilan, Camat Ngampilan Kota Yogyakarta serta Tim Yankomas Kanwil Kemenkumham DIY.

Sengketa ini berkaitan dengan status tanah Sultan Ground (SG) yang ditempati oleh warga masyarakat Kelurahan Pathuk, warga bersikeras tidak mau meninggalkan komplek karena mereka merasa memiliki Surat Kekancingan pada tahun 2000 dan diperbaharui pada tahun 2007. Keterangan yang diperoleh dari Pihak Panitropura dan Panitikismo Karaton Ngayogyakarta (sebuah badan di Karaton yang mengatur masalah Tanah Sultan Ground) bahwa peruntukan Tanah SG tersebut adalah untuk Rumah Dinas Korem 072 Pamungkas. Sedangkan Surat kekancingan warga tersebut seharusnya sudah dibatalkan karena tidak sesuai dengan ketentuan yaitu tidak ada batas waktu pemakaian serta tidak ada ketentuan pembayaran magersarinya. Korem melakukan penertiban terhadap asset bangunan rumah dinas tersebut yang sudah terdaftar pada SIMAK BMN Korem dimulai sejak tahun 1999 namun hingga saat ini belum terealisasi dengan baik karena warga belum mau pindah. Korem berpendapat bahwa yang berhak menempati rumah dinas tersebut hanyalah TNI aktif, Purnawirawan dan Warakawuri.

Rapat diakhiri dengan keputusan agar pihak Korem dapat menyelesaikan sendiri masalah kerumahtanggaan yang dihadapinya tersebut dan pihak Karaton mengharapkan agar Pihak Korem dapat menyelesaikan dengan arif bijaksana.

Post Author: kanwildiy