Mendorong Bangka Belitung Ramah Penyandang Disabilitas dan Menyemarakkan Hari HAM Sedunia, Kantor Wilayah Kepulauan Bangka Belitung selenggarakan FGD Telahaan Produk Hukum Daerah dalam Perspektif Hak Asasi Manusia

Bangka Belitung, ham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan FGD Telaahan Produk Hukum Daerah dalam Perspektif HAM bertempat di Ruang Rapat Tanjung Pesona, Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (5/12). Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari OPD terkait dan akademisi.

Adapun yang menjadi topik pembahasan FGD adalah Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat. Pada dasarnya, peraturan daerah ini didorong untuk dilakukan perubahan agar disesuaikan dengan Undang-Undang Penyandang Disabilitas. Hal ini bertujuan agar Pemerintah Daerah semakin optimal dalam menyelenggarakan perlindungan dan pemenuhan hak bagi para penyandang disabilitas. Topik pembahasan peraturan daerah ini juga masih dalam semangat sebagai bentuk peringatan Hari HAM Sedunia dan Hari Penyandang Disabilitas yang jatuh pada tanggal 3 Desember lalu.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang HAM selaku Narasumber juga menyampaikan bahwa peraturan daerah ini perlu dilakukan beberapa evaluasi, diantaranya agar segera menyusun peraturan daerah dengan memperhatikan nilai dan prinsip hak asasi manusia dalam materi muatan sampai dengan pembentukan unit layanan disabilitas dengan harapan agar penyandang disabilitas juga terpenuhi haknya serta jaminan  infrastruktur yang mudah diakses oleh penyandang disabilitas.

Post Author: operator.info2