Rapat Evaluasi dan Persiapan Penyampaian Data Kabupaten/Kota Peduli HAM

Padang, ham.go.id – Rapat Evaluasi dan Persiapan Penyampaian Data Kabupaten/Kota Peduli HAM dilaksanakan di Aula Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat pukul 14.00 WIB, Senin (24/02). Rapat ini dibuka oleh Kepala Bidang HAM dan diikuti oleh semua peserta rapat yang terdiri dari Biro Hukum Provinsi Sumatera Barat, Bagian Hukum Setda Kabupaten Kota se Sumatera Barat dan Pejabat Struktural beserta Fungsional Umum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat. Maksud KegiatanRapat  Evaluasi dan Persiapan Penyampaian Data  Kabupaten/ Kota Peduli HAM adalah untuk mengevaluasi dan mempersiapakan data kriteria Kabupaten/kota peduli HAM sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 34 Tahun 2016 Tentang Kriteria Kabupaten Kota Peduli HAM.

Wujud kepedulian Negara terhadap penghormatan, pemajuan, pemenuhan, penegakan dan perlindungan HAM salah satunya adalah dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Penilaian Kabupaten Kota Peduli HAM. Peduli HAM adalah upaya pemerintah daerah kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia.

Penilaian Kab/Kota peduli HAM dilaksanakan setiap tahun dan hasilnya ditetapkan tiap bulan Desember. Penilaian Kab/Kota peduli HAM dilakukan oleh Direktorat Jenderal HAM melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM yang dilaksanakan oleh seluruh Kabupaten/Kota Se sumatera Barat. Kegiatan“Rapat Evaluasi danPersiapan Penyampaian Data Kabupaten/Kota Peduli HAM” ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait Peraturan Menteri Hukum dan HAM  Nomor 34 Tahun 2016 Tentang Kriteria Kabupaten Kota Peduli HAM.

“Melalui kegiatan ini, saya minta seluruh Kabupaten/ Kota dapat  mewujudkan  terlaksananya Kabupaten/Kota Peduli HAM di Provinsi Sumatera Barat.  Ditahun 2019, 12 (dua belas)  Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat mendapat Penghargaan kab/kota peduli HAM dan 7 (tujuh) Kabupaten/kota mendapat penghargaan cukup peduli HAM. Saya harap nantinya di Tahun 2020 ini 19 Kabupaten/Kota mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM dan Seluruh Kabupaten/Kota dapat melaporkan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM sesuai dengan Target yang telah ditentukan”, jelas Bapak Suharman selaku Kepala Kantor Wilayah. (Humas Kemenkumham Sumbar)

Post Author: kanwilsumbar