Ditjen HAM Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyiapan Bahan Laporan Implementasi Instrumen HAM Internasional

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM menyelenggarakan rapat koordinasi penyiapan bahan laporan implementasi instrumen HAM internasional HAM, Jumat (15/5). Rapat yang diikuti oleh sejumlah kementerian tersebut dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom.

Direktur Instrumen HAM, Timbul Sinaga, menyampaikan bahwa pemerintah tengah menyiapkan laporan implementasi dari sejumlah instrumen HAM internasional. Timbul berharap kementerian dan lembaga dapat menyampaikan perkembangan terkini terkait apa yang telah dikerjakan. Sehingga, kata Timbul, pemerintah dapat menyusun bahan laporan implementasi instrumen HAM dengan data yang terupdate.

Direktur Instrumen HAM juga menyinggung pentingnya menguatkan komunikasi dan koordinasi dengan K/L dan pemerintah daerah dalam rangka pengumpulan data. Diakui Timbul ada sejumlah kendala teknis di lapangan. ” Saya takutnya mereka bingung ketika kita meminta data, mereka belum paham,” ujar Timbul

Timbul menuturkan laporan semestinya tidak hanya dipandang sebagai sebuah kewajiban pemerintah RI sebagai negara pihak. “(Dengan laporan ini) kita bisa melihat sudah sejauh apa yang kita kerjakan dan dampaknya pada kehidupan di masyarakat,” imbuh Timbul

Dalam sesi diskusi ada sejumlah usulan penyusunan laporan. Dinilai perlu untuk menyelenggarakan sejumlah rapat pleno dalam jangka waktu dua bulan mendatang. Hal ini bertujuan untuk menyempurnakan laporan yang tengah disusun.

Sebagaimana diketahui Indonesia merupakan negara pihak dalam 10 instrumen HAM internasional. Sebagai negara pihak, Pemerintah RI memiliki kewajiban untuk melaporkan implementasinya dalam jangka waktu tertentu. Direncanakan, Indonesia akan menyampaikan laporannya pada sesi dialog tahun 2021 di Badan Traktat PBB. (Humas Ditjen HAM)

Post Author: operator.info2

Leave a Reply