KABUPATEN/KOTA DI KALTIM DAN KALTARA SIAP MERAIH PREDIKAT KAB/KOTA PEDULI HAM TAHUN 2020

Samarinda, ham.go.id – Demi meningkatnya jumlah Kab/Kota Peduli HAM di Kaltim dan Kaltara, Sub Bidang Pemajuan HAM Kanwil Kumham Kaltim melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Kab/Kota Peduli HAM bersama seluruh kab/kota dari Kaltim dan Kaltara. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Rapat Evaluasi dan Rapat Koordinasi Pelaporan Capaian Aksi HAM yang dilaksanakan pada hari Jumat (19/6) dan Senin (22/6) yang lalu. Hadir dalam acara Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Nur Ichwan), Kepala Bidang HAM (Sutrisno), Kepala Sub Bidang Pemajuan Hak Asasi Manusia (Favourita Sirait), Kepala Sub Bidang Pengkajian, Penelitian, Dan Pengembangan Hukum Dan HAM (Yarnawati), serta staf Sub Bidang Pemajuan Hak Asasi Manusia dan Sub Bidang Pengkajian, Penelitian, Dan Pengembangan Hukum Dan HAM di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur. Berkesempatan menjadi Narasumber dari Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham RI “Direktur Kerja Sama HAM (Bambang Iriana)” dan “Kasubdit Kerjasama Dalam Negeri dan Ranham Wilayah II (Sofia Alatas)” dan dimoderatori oleh Kepala Bidang HAM (Sutrisno), serta peserta kegiatan yang mengikuti acara secara Virtual melalui Aplikasi Cisco meeting dari ruang Rapat Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kaltim, perwakilan dari :

Biro Hukum Provinsi Kaltim ;
Biro Hukum Provinsi Kaltara ;
Bagian Hukum Kota Samarinda ;
Bagian Hukum Kota Balikpapan ;
Bagian Hukum Kota Bontang ;
Bagian Hukum Kota Tarakan ;
Bagian Hukum Kabupaten Kutai Kartanegara ;
Bagian Hukum Kabupaten Kutai Timur ;
Bagian Hukum Kabupaten Kutai Barat ;
Bagian Hukum Kabupaten Paser ;
Bagian Hukum Kabupaten Mahakam Ulu ;
Bagian Hukum Kabupaten Berau ;
Bagian Hukum Kabupaten Nunukan ;
Bagian Hukum Kabupaten Malinau ;
Bagian Hukum Kabupaten Tana Tidung ;
Bagian Hukum Kabupaten Bulungan ;
Bagian Hukum Kabupaten PPU.

Diawali dengan pembacaan doa dan dilanjutkan sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur yang di wakili oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Nur Ichwan) sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Peduli HAM Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Tahun 2020. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pada tahun 2019 dari 10 Kab/Kota di Kalimantan Timur yang meraih penghargaan peduli HAM ada 7 Kab/Kota yaitu Balikpapan, Berau, PPU, Paser, Bontang, Kutai Barat, dan Kutai Kertanegara sedangkan yang meraih cukup peduli sebanyak 2 Kabupaten/Kota yaitu Samarinda dan Kutai Timur, semoga Kabupaten Mahulu tahun ini bisa mengikuti jejak Kab/Kota lainnya untuk mendapatkan peduli HAM, sedangkan dari 5 Kab/Kota di Kalimantan Utara belum ada yang meraih peduli HAM namun ada 2 Kabupaten yang meraih cukup peduli yaitu Kabupaten Nunukan dan Bulungan. Kami harapkan tahun 2020 bisa mencapai 100% artinya semua Provinsi dan Kabupaten Kota sudah memenuhi kriteria Kab/Kota peduli HAM. Dengan mengikuti rapat koordinasi Kab/Kota Peduli HAM diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dalam melakukan aksi HAM di daerahnya masing-masing. Tak lupa belua menyampaikan terima kasih kepada para narasumber dan panitia penyelengara sehingga kegiatan Rapat Koordinasi ini dapat berjalan dengan baik.

Dalam penyampaian materi dan diskusi narasumber Direktur Kerja Sama Hak Asasi Manusia Bambang Iriana Djajaatmaja dan Kasubdit Kerjasama Dalam Negeri dan Ranham Wilayah II Sofia Alatas menyampaikan bahwa Tahun 2020 yang dinilai adalah capaian kinerja tahun 2019 terhitung dari bulan Januari sampai dengan Desember 2019, dan bukan tahun berjalan. (Red. Humas Kanwil Kaltim)

Post Author: Operator Info 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *