Direktorat Yankomas Dorong Penyelesaian Dugaan Pelanggaran HAM di Kanwil Kemenkumham Aceh

Banda Aceh, ham.go.id – Dalam rangka upaya untuk mendorong Penyelesaian Permasalahan Dugaan Pelanggaran HAM, Direktorat Jenderal HAM cq Direktorat Pelayanan Komunikasi Masyarakat HAM melaksanakan tugas Koordinasi dan Konsultasi Pelanggaran HAM di Provinsi Aceh. Kanwil Kemenkumham Aceh sebagai perpanjangan tangan Direktorat Jenderal HAM melalui Bidang HAM membantu pelaksanaan kegiatan penyelesaian berbagai dugaan pelanggaran HAM seperti Hak-Hak WBP, dan Status Refugee Rohingya tanggal 7 dan 8 Juli 2020.

Selain Kegiatan Koordinasi dan Konsultasi Dugaan Pelanggaran HAM, Tim Dit. Yankomas juga melaksanakan pemantauan POS Yankomas yang ada di UPT Rutan Jhanto, Lapas Perempuan Sigli, Cabang Rutan Lhoknga, dan Kanim Banda Aceh. Pemantauan tersebut untuk mengetahui kendala terkait pelaksanaan Pos Yankomas baik dalam hal sarana dan prasarana, teknis petugas dalam menerima penyampaian permasalahan HAM dari Masyarakat, maupun Penggunaan Aplikasi SIMASHAM.

Pos Yankomas merupakan wadah untuk masyarakat sekitar dalam melaporkan dugaan pelanggaran HAM yang mereka alami atau yang mereka lihat kepada petugas Yankomas yang ada di UPT kemenkumham terdekat. Penerapan POS Yankomas diharapkan dapat meningkatkan Kesadaran masyarakat terhadap perlindungan, pemajuan, penghormatan, pemenuhan HAM di Indonesia. (Operator Yankomas)

 

 

Post Author: Operator Info 3

Leave a Reply