Dorong Kabupaten/Kota Peduli HAM 100%, Kanwil Jateng Verifikasi Kelengkapan Data Dukung

SEMARANG, ham.go.id – Jelang penilaian Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2020, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melakukan verifikasi data dukung 35 Kabupaten/Kota di ruang rapat Kantor Wilayah, Kamis (10/09).

Langkah ini diambil dalam upaya mendorong semua Kabupaten/Kota di Jawa Tengah untuk mendapatkan penghargaan yang lazim diberikan pada saat peringatan Hari Hak Asasi Manusia sedunia tersebut.

Sebagaimana disampaikan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi yang memimpin langsung kegiatan ini, “Untuk Tahun 2020 diharapkan agar 35 Kabupaten/kota mendapatkan predikat Kabupaten/Kota Peduli HAM. Saya juga berharapkan, Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah dapat menginformasikan kepada Kebupaten/Kota agar dapat memenuhi semua data dukung sebelum 15 September 2020,” katanya. “Jangan sampai ada salah satu Kabupaten/Kota yang tidak mendapatkan penghargaan bergengsi ini seperti tahun lalu,” lanjutnya

Kegiatan verifikasi direncanakan berlangsung selama dua hari dengan menggandeng Biro Hukum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dari Kantor Wilayah, Tim Verifikasi diisi oleh Kepala Bidang HAM, Deni Kristiawan dan pelaksana dari Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.

Sebagai informasi, penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM merupakan capaian dari pelaksanaan pemenuhan hak-hak dasar, melalui berbagai inovasi dan upaya yang terstruktur. Sekaligus merupakan tolak ukur untuk menentukan kelayakan Kabupaten atau Kota, mendapat penghargaan sebagai Kabupaten dan Kota Peduli HAM.

Peduli HAM merujuk kepada upaya pemerintah daerah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

@kemenkumhamri

 

 

Post Author: kanwiljateng