Kunjungi UPT Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah Tim Ditjen HAM Tekankan Pentingnya Pelayanan Publik Berbasis HAM

Palangkaraya, ham.go.id – Dalam rangka Kegiatan Diseminasi dan Penguatan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) Direktorat Jenderal HAM dalam hal ini diwakili oleh tim dari Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM mengunjungi sejumlah UPT Imigrasi dan Pemasyarakatan wilayah Kalimantan Tengah dengan didampingi divisi bagian HAM kanwil Kemenkumham Kalimantan tengah. Dalam lawatan selama empat hari dari tanggal 29 September – 02 Oktober 2020, tim yang dipimpin Kasubdit Diseminasi dan Penguatan HAM Wilayah 2, Olivia Dwi Ayu Q., berkesempatan mengunjungi 8 UPT KemenkumHAM di Kalimantan Tengah. (05/10)

Dalam kunjungan ke beberapa UPT KemenkumHAM di Kalimantan Tengah ini Ibu Olivia menyampaikan bahwa “Kegiatan ini merupakan bagian penting dalam proses verifikasi P2HAM Tidak semata untuk memverifikasi data di lapangan, namun bertujuan untuk memberikan diseminasi dan penguatan terkait pelayanan publik berbasis HAM agar seluruh satker wilayah kerja kanwil Kalimantan Tengah memenuhi standar yang telah disusun dalam PermenkumHAM No. 27 Tahun 2018.”

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil KemenkumHAM Kalimantan Tengah Cahyani Suryandari dan Kepala Bidang HAM Budi Haryono menyambut baik kunjungan yang dilakukan tim dalam rangka diseminasi dan penguatan P2HAM ke UPT. Lebih lanjut, Bapak Budi berharap UPT di wilayah kerja KemenkumHAM Kalimantan Tengah senantiasa terus memperbaiki pelayanan publiknya agar sesuai standar P2HAM.

Hal senada juga diungkapkan Ibu Cahyani, keinginannya untuk mendorong lebih jauh penerapan P2HAM di Kalimantan Tengah “Kami berharap 70% UPT yang ada di Kalimantan Tengah mendapatkan penghargaan dan terus mempertahankannya atau pun bertambah.”

Hal senada juga diungkapkan para kepala UPT di Kalimantan Tengah yang dikunjungi. Mereka merespon positif kunjungan tim dari Direktorat Jenderal HAM dan Kanwil. Kepala Rutan Kelas II Palangkaraya Bapak Fikri menyatakan kesiapan jajarannya untuk mendukung pelaksanaan P2HAM. “Meskipun banyak kendala, namun itu tidak menyurutkan semangat kami melakukan pemenuhan pelayanan publik berbasis HAM dengan baik untuk masyarakat,” jelasnya. [ep]

Post Author: operator.diskuat1