Dirjen HAM Saksikan Menkumham Lantik 139 Konsultan Kekayaan Intelektual

Jakarta, ham.go.id – Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi, beserta sejumlah Pimti Madya di Lingkungan KemenkumHAM turut menyaksikan pelantikan 139 Konsultan Kekayaan Intelektual (KI), yang dilakukan oleh MenkumHAM, Yasonna H. Laoly di Graha Pengayoman, Kamis (15/10).

Dalam sambutannya, MenkumHAM menyatakan konsultan KI memiliki peranan penting dalam mewakili masyarakat untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual mereka.

“Keberadaan konsultan intelektual dimaksudkan untuk membantu dan mewakili masyarakat khususnya pemohon seperti: pencipta, inventor, pendesain, pemegang hak atau pihak lain yang memperoleh hak untuk mengajukan pendaftaran di bidang kekayaan intelektual,” tutur Yasonna.

Selain kewajiban mengikuti pelatihan yang diselenggarakan perguruan tinggi yang ditunjuk DJKI, para konsultan KI dituntut untuk mengikuti perkembangaan isu-isu KI agar tidak ketinggalan zaman.

Untuk diketahui pelantikan konsultan KI merupakan amanat dari PP Nomor 2 Tahun 2005 tentang Konsultan Hak Kekayaan Intelektual. Dalam PP tersebut dijelaskan bahwa konsultan KI merupakan orang yang memiliki keahlian di bidang hak kekayaan intelektual dan secara khusus memberikan jasa di bidang pengajuan dan pengurusan permohonan di bidang hak kekayaan intelektual yang dikelola oleh DJKI dan terdaftar sebagai Konsultan KI di DJKI.
Hingga kini telah terdaftar 964 orang yang resmi menjadi konsultan KI. DJKI dan perguruan tinggi yang ditunjukan melakukan pelatihan kepada calon konsultan secara berkala. Dalam kesempatan pelantikan kali ini, sejumlah konsultan KI dilantik secara daring untuk menjamin berjalannya kegiatan sesuai protokol kesehatan. (Humas Ditjen HAM)

Post Author: operator.info2