Ditjen HAM Hadir Berikan Pemahaman Membangun Kesadaran HAM Bagi Pelajar

Jakarta, ham.go.id – Dalam menyambut hari HAM Se-dunia yang ke 72, Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini diwakili oleh Direktorat Jenderal HAM ikut merayakannya. Salah satunya dengan menggelar Webinar : Membangun Kesadaran HAM Bagi Pelajar menggunakan aplikasi zoom meeting, Rabu (02/12).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana beserta Direktur Jenderal HAM Mualimin Abdi. Nahdiana dalam sambutannya menyampaikan bahwa ‘’anak – anak yang mengikuti kegiatan Webinar ini, besar harapan dapat menjadi tunas bangsa yang akan menjadi regenerasi selanjutnya, sehingga diharapkan dapat mengikuti dengan baik dan belajar apa itu HAM.’’

Selanjutnya Mualimin Abdi juga menyampaikan kepada para pelajar ‘’hukum dan HAM harus saling berdampingan, instrument hukum tanpa HAM akan menjadi kekuasaan tanpa batas. Penting bagi para pelajar untuk kembali membaca dan memahami UUD 1945. Selain itu, besar keinginan untuk bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk memberikan diseminasi HAM bagi para guru,”ungkap Mualimin.

Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM Johno Supriyatno selaku narasumber memaparkan prinsip – prinsip dasar tentang HAM serta tanggung jawab Negara dalam pemenuhan HAM. Olivia Dwi Ayu Q Kasubdit Diseminasi dan Penguatan HAM Wilayah II yang juga sebagai narasumber menyampaikan bagaimana peran Dirjen HAM dalam melindungi hak anak serta situasi dan kondisi terkini menyangkut hak anak di Indonesia.

Webinar ini disambut baik oleh para pelajar dengan dihadiri oleh 250 siswa siswi SMA/SMK Dki Jakarta dan sekitanya. Antusias para peserta terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang masuk ke kolom chat yang ingin mengetahui lebih dalam lagi apa itu HAM. Selain dari itu para siswa juga mengungkapkan kerinduannya akan sekolah dan berharap pandemi ini segera berlalu. (ep)

Post Author: operator.diskuat1