Keerom Kembali Dapat Penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2020, Pada Momentum Hari HAM Sedunia yang Digelar Virtual di Sasana Karya Kantor Gubernur Papua

Papua, ham.go.id  Bertempat di Aula Sasana Karya Kantor Gubernur Provinsi Papua Kakanwil Kemenkumham Papua Murdjito Sasto bersama dengan Bupati Keerom Muhammad Markum dan Gubernur Papua dalam hal ini diwakili Oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Elsye P. Rumbekwan serta Jajaran Pemda Provinsi Papua mengikuti peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2020 secara virtual.

Presiden Jokowi yang mengikuti kegiatan ini secara Virtual dan dihadiri secara langsung oleh Menkummham Yasonna H. Laoly di Jakarta ini diikuti oleh seluruh jajaran Kemenkumham baik di pusat maupun di wilayah secara virtual dan juga seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah akan terus berkomitmen untuk selalu menegakan dan mengedepankan HAM di segala bidang.

“Pemerintah akan terus berkomitmen untuk selalu menegakan dan juga mengedepankan HAM kepada seluruh masyarakat tidak memandang Suku, Agama, Ras Atau Golongan karena HAM adalah hak yang melekat pada setiap manusia sejak lahir” Ujar Presiden Jokowi.

Kemudian Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia sudah sangat serius dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya di bidang HAM. Sungguh, ini bukan hanya klaim sepihak dari pemerintah. Masyarakat internasional pun telah mengakuinya, dan mengapresiasi berbagai tindakan yang sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

“Perlu kami sampaikan bahwa Terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk kelima kalinya di tahun 2020 ini, telah memberikan bukti nyata kepercayaan masyarakat internasional yang begitu besar, bahwa pemerintah Indonesia mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan HAM, dan bahkan menjadi role model bagi negara-negara lain.” Ujar Yasonna H. Laoly.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui Virtual bahwa Demokrasi dan HAM adalah dua hal yang tidak dapat dipisahakan dan masa pandemi ini tidak boleh melunturkan kepedulian kita terhadap Hak Asasi Manusia. Kita akan terus berkomitmen untuk terus menegakan HAM baik didalam negeri maupun luar negeri karena kita termasuk dalam anggota dewan HAM PBB.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan yang diserahkan oleh Sahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Elsye P. Rumbekwan kepada kabupaten ramah HAM di Provinsi Papua dalam hal ini yaitu Kabupaten Keerom yang secara langsung diterima oleh Bupati Keerom Muhamaad Markum.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Elsye P. Rumbekwan mengatakan bahwa bagaimanapun hasil penilaian yang dilakukan oleh Kemenkumham mengenai Program Kabupaten dan Kota Peduli HAM tentunya harus menjadi kebanggaan kita semua dan tak lupa saya ucapkan selamat dan apresiasi atas capaiannya.

“Saya ucapkan Selamat dan Apresisai atas capaian yang sudah diraih berupa penghargaan kabupatem/kota peduli HAM dan bagaimanapun hasil penilaian yang dilakukan Kemenkumham patut menjadu kebanggan bagi kita semua” Ujarnya.

Dilain kesempatan Kakanwil Kemenkumham Papua Murdjito Sasto yang juga memberikan sambutan mengatakan bahwa bahwa pada tahun 2020 ini, sebanyak 259 Kabupaten dan Kota, atau sekitar 50,4%, dari jumlah keseluruhan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, meraih penghargaan kategori Kabupaten dan Kota Peduli HAM. Dari jumlah tersebut, satu Kabupaten dari Provinsi Papua tahun ini yakni Kabupaten Keerom, berhasil memperoleh predikat Peduli HAM. Saya berharap kedepan akan lebih banyak lagi kabupaten atau kota di Provinsi Papua yang memperoleh predikat tersebut.

“Di Tahun 2020 ini, sebanyak 259 Kabupaten dan Kota, atau sekitar 50,4%, dari jumlah keseluruhan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, meraih penghargaan kategori Kabupaten dan Kota Peduli HAM dan 1 diantaranya ada di Provinsi Papua yakni Kabupaten Keerom, saya berharap kedepan akan lebih banyak lagi yang memperoleh predikat ini” Ujar Murdjito Sasto.

Turut serta dalam kegiatan ini secara virtual beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan juga Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. (Humas Kanwil)

 

(*Sumber: https://papua.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/berita-utama/3339-keerom-kembali-dapat-pengharagaan-kabupaten-peduli-ham-2020-pada-momentum-hari-ham-se-dunia-yang-digelar-virtual-di-sasana-karya-kantor-gubernur-papua )

 

 

Post Author: operator.info2