Wednesday , 19 December 2018
HAM HIGHLIGHT
Home / HAM Highlight / Arahan Dirjen HAM kepada CPNS Kemenkumham di Kalimantan Timur
Arahan Dirjen HAM kepada CPNS Kemenkumham di Kalimantan Timur

Arahan Dirjen HAM kepada CPNS Kemenkumham di Kalimantan Timur

Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi menyampaikan arahan tentang Hak Asasi Manusia di hadapan ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur, di Samarinda. (19/03)

Bertempat di Hotel Selica Mulya, ratusan CPNS yang sebagian besar di tempatkan di Lapas se-Kalimantan Timur mendapatkan kesempatan menerima arahan langsung dari Dirjen HAM. Dalam arahannya, Dirjen HAM berharap membangun Lembaga Pemasyarakatan yang berbasis HAM.

“Warga Binaan yang dibatasi hanya kebebasan bergeraknya, Tapi tidak Hak Asasi-nya seperti Hak atas komunikasi, memperoleh air, kesehatan, juga informasi wajib dipenuhi” ungkap Mualimin Abdi.

Selanjutnya ia juga menjelaskan pentingnya kebutuhan Air bersih, dan fasilitas komunikasi bagi para warga binaan. “tapi bukan berarti boleh menggunakan HP, bisa dengan fasilitas telepon umum seperti yang kita lihat di Lapas Samarinda kemarin,” tambahnya.

Dirjen HAM juga menyampaikan kepada para CPNS, agar tidak segan-segan untuk memenuhi HAM bagi para warga binaan atau dalam melayani masyarakat. “dalam hal penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM karena itu diatur dalam konstitusi,” jelasnya.

“saat ini orang yang mencegah masuknya narkoba di Lapas mendapat reward dari Menkumham, saya akan mengusulkan petugas yang peduli HAM juga mendapat reward karena itu memanusiakan manusia,” ungkapnya disambut tepuk tangan para CPNS.

Mualimin Abdi menambahkan bahwa hal ini juga berlaku bagi petugas imigrasi, agar bisa berlaku adil dalam memberikan pelayanan. Ia menjelaskan bahwa bertidak adil tidak semata-mata menyama ratakan tapi memperlakukan orang sesuai dengan apa yang pantas ia dapatkan. “artinya yang lansia, yang anak-anak, yang rentan tidak bisa diberlakukan sama dengan yang lain, harus diberikan perlakuan khusus,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini hadir juga Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto, Inspektur Jenderal Kemenkumham, Aidir Amin Daud, PLT. Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Mardjoeki, Kepala Biro Kepegawaian Kemenkumham, M. Arifin serta Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Timur, Agus Saryono.