Arahan Sekretaris Direktorat Jenderal HAM Dalam Pelaksanaan Program Pemajuan HAM Di Wilayah

Yogyakarta, ham.go.id – Sekretaris Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Rr. Risma Indriyani memberikan arahan berkaitan dengan pelaksanaan program-program Pemajuan HAM di Wilayah bertempat di ruang Legal Drafter Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (17/01). Kegiatan diikuti oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM serta seluruh pejabat dan JFU  Bidang HAM Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY.

Dalam arahannya, Sesditjen HAM menyampaikan tentang perlunya penguatan tugas pokok dan fungsi pada Bidang HAM Kantor Wilayah, terutama berkaitan dengan pelaksanaan RANHAM, Pelaporan Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM dan Pelayanan Komunikasi Masyarakat (YANKOMAS ). Wilayah perlu didorong untuk pengembangan SDM, khususnya dalam pelayanan komunikasi masyarakat  dengan membentuk pos-pos Yankomas di UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian dalam rangka mendekatkan pelayanan bagi masyarakat yang akan mengadukan dugaan atas pelanggaran HAM.

Pada tahun ini diprogramkan kegiatan Bimtek Pelayanan Komunikasi Masyarakat dengan narasumber dari Pusat dan akademisi yang sudah menjadi Tim Yankomas selama ini,  sehingga terdapat persamaan persepsi dan pedoman dalam penanganan pengaduan pelanggaran HAM. Selain itu, juga diprogramkan pengembangan SDM di Bidang HAM yang didorong untuk diusulkan sebagai JFT Penyuluh HAM ke Menpan RB. Mengingat masyarakat masih sangat membutuhkan pencerahan berkaitan dengan pemahaman Hak Asasi Manusia terutama mekanismenya jika hak asasinya dilanggar.

Post Author: kanwildiy