Direktorat Jenderal HAM Mengadakan Diseminasi HAM bagi Pelajar

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (HAM) menyelenggarakan kegiatan Diseminasi HAM bagi Pelajar, bertempat di Aula SMKN 41 Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (22/8). Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi SMKN 41 Jakarta. Peserta kegiatan merupakan perwakilan tiap kelas dari kelas 10 hingga 12.

Acara dibuka oleh perwakilan SMKN 41 Jakarta, Supardi. Beliau menyampaikan bahwa meskipun anak-anak SMK diberikan materi yang berfokus pada keterampilan, namun pembahasan tentang hak asasi manusia juga turut diberikan melalui Pelajaran Kewarganegaraan. Materi yang disampaikan di sekolah kemudian dinilai belum cukup mendalam sehingga pihak sekolah memandang bahwa dibutuhkan kehadiran Kemenkumham langsung untuk memberikan materi yang dalam dan faktual. Bapak Supardi kemudian menyatakan bahwa kedatangan Direktorat Jenderal HAM adalah hal yang penting.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Subdirektorat Diseminasi dan Penguatan HAM Wilayah I, Novie Soegiharti yang membahas mengenai Hak dan Kewajiban Warga Negara terhadap Hak Asasi Manusia. Beliau menjelaskan tugas dan peran pemerintah serta masyarakat terhadap hak asasi manusia. Materi anti perundungan dan kewarganegaraan dalam konteks hak asasi manusia menjadi fokus utama dalam pemaparan yang disampaikan.

Sesi dilanjutkan dengan tanya jawab yang kemudian diakhiri dengan pembagian hadiah dan foto bersama.

Post Author: operator.info2