Wednesday , 18 October 2017
HAM HIGHLIGHT
Home / Info Kanwil / DISEMINASI HAM Kota Ambon, Kakanwil : “Semua Pihak Harus Menegakkan HAM”
DISEMINASI HAM Kota Ambon, Kakanwil : “Semua Pihak Harus Menegakkan HAM”

DISEMINASI HAM Kota Ambon, Kakanwil : “Semua Pihak Harus Menegakkan HAM”

Ambon, KUMHAM MALUKU – “Penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM), terkait aksi HAM merupakan tanggungjawab seluruh pihak,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Priyadi, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham), M.J. Mataheru, Rabu (20/9/2017).

Lebih lanjut dalam sambutannya, Priyadi, mengatakan semua pihak di daerah, harus menegakkan HAM agar kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik.

Penegakan HAM ini merupakan tugas dari semua pihak, termasuk pelaksana pemerintahan terkait RANHAM 2015-2019 dengan tujuan mendorong politik HAM untuk melaksanakan penghormatan, pemenuhan dan perlindungan HAM bagi setiap orang yang ada di Indonesia. Mendorong para penyelenggara kekuasaan negara untuk menjalankan tugas dalam penegakan HAM terhadap masyarakat.

Sambutan Kakanwil Kemenkumham Maluku ditutup dengan harapan agar Pelaksanaan Diseminasi HAM yang diselenggarakan hari ini dalam rangka peningkatkan penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan HAM dapat berjalan dengan baik dan terutama, implementasi atau aplikasinya di lapangan terkait HAM bagi masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik di wilayah Maluku. “HAM untuk semua, semua untuk HAM,” ‘Kami PASTI Melayani, Tanpa Korupsi, Tanpa Narkoba dan Non Diskriminasi,’ tutup Kakanwil.

Kegiatan Diseminasi HAM yang dilaksanakan di ruang Soepomo Lt.3 Kanwil Kemenkumham Maluku ini diikuti oleh 30 orang peserta dari pelbagai Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD), Tokoh Masyarakat dan Agama, serta bagian Hukum Sekretariat (Sekot) Kota Ambon, dan menghadirkan 2 Narasumber yakni : Kadiv Yankumham, M.J. Mataheru, yang membawakan materi Bantuan Hukum Kepada Masyarakat dan John Dirk Pasalbessy Akademisi Fakultas Hukum Universitas Pattimura Ambon yang membawakan materi Hukum, HAM dan Masyarakat. Sedangkan pengarah atau moderator dari ke 2 narasumber ini yakni Kepala Bidang (Kabid) HAM, Ch.Hiskya.