Divisi Yankumham Kanwil Gorontalo Selenggarakan Rapat Peduli HAM se-Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo

Gorontalo, ham.go.id – Bertempat di Aula Pengayoman, Rabu (17/7), Divisi Yankumham melalui Bidang HAM SubBid Pemajuan HAM menyelenggarakan Kegiatan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Peduli Peduli HAM, dengan tema : m enuju Kabupaten/Kota peduli HAM di Provinsi Gorontalo Tahun 2019. Informasi yang diperoleh,  secara umum maksud dan tujuan penyelenggaraan ini untuk menyatukan presepsi Penilaian Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Pemimpin rapat sekaligus bertindak sebagai Narasumber adalah Kadiv Yankumham, Syarifuddin, dan bertindak selaku moderator yaitu Kabid HAM, Yopy W.Sumarauw. Dalam memaparkan materinya Kadiv Yankumham menjelaskan poin-poin penting  di antaranya yaitu menerangkan tentang pengertian Kriteria Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM yaitu suatu kriteria penilaian yang disusun sebagai standar minimal untuk menilai pelaksanaan pembangunan HAM di tingkat Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Dijelaskan juga tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM yang harus dinilai yaitu Hak atas Kesehatan, Hak atas Pendidikan, Hak Perempuan & Anak, Hak Kependudukan, Hak Pekerjaan, Hak Perumahan Layak  dan Hak Lingkungan yang Berkelanjutan. Acara ini diikuti oleh Biro Hukum Provinsi maupun Bagian Hukum seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo.

Bagi Kabupaten Kota yang mendapatkan Predikat baik maka di puncak acara Hari HAM Sedunia yang nantinya diselenggarakan di Bandung, pada tanggal 10 Desember kedepan, akan di anugerahkan sebagai Kabupaten Kota Peduli HAM. Penganugerahan tersebut nantinya akan diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. (Humas Kemenkumham Gorontalo)

Post Author: Operator Info 3