Hadir dalam Seminar Publik Wahid Foundation, Direktur Informasi HAM Tekankan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan yang Bertanggung Jawab

Jakarta, ham.go.id – Direktur Informasi HAM, Salahudin hadir mewakili Direktur Jenderal HAM dalam kegiatan Wahid Foundation bertajuk “Seminar Publik Peluncuran Laporan Kemerdekaan Beragama dan Berkeyakinan Tahun 2018” bertempat di Aula Lt. 3 Gedung IASTH Kampus  Salemba Universitas Indonesia, Kamis (05/9).

Kegiatan yang diprakarsai Wahid Foundation dan bekerja sama dengan Sekolah Kajian Strategic dan Global Universitas Indonesia serta Rumah Perdamaian ini mendapuk Direktur Informasi HAM, Salahudin untuk menjadi satu narasumber terkait kebebasan beragama dan berkeyakinan dalam perspektif HAM.

Dalam paparannya, Salahudin menyampaikan “kebebasan berfikir, berkeyakinan dan beragama merupakan hak asasi manusia yang paling mendasar dan fundamental. Indonesia menghormati keragaman rakyatnya termasuk dalam agama dan keyakinan. Hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan sebagai salah satu hak dasar dan tidak dapat dicabut yang dijamin oleh konstitusi dan ideologi” oleh sebab itu, Indonesia terus menjamin pelaksanaan hak setiap orang atas kebebasan berfikir, berkeyakinan dan beragama.

“Meskipun hukum telah memberikan jaminan hak atas kebebasan beragama, namun kebebasan tersebut harus dilakukan secara bertanggung jawab dan menghormati hak-hak orang lain, sehingga gesekan/konflik horizontal, kerusuhan, perpecahan dan permusuhan dapat dihindari atau dicegah” pungkas Salahudin.

 

Post Author: operator.info2