Kanwil Sumut Selenggarakan Rapat Evaluasi dan Persiapan Penyampaian Data Kabupaten/Kota Peduli HAM, Tingkatkan Kepedulian HAM di Daerah

Medan, ham.go.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara telah mengadakan Kegiatan Rapat Evaluasi dan Persiapan Penyampaian Data Kabupaten/Kota Peduli HAM bertempat di Kanwil Kemenkumham Sumut, Sub Bidang Pemajuan HAM, Senin (20/05). Acara yang dihadiri oleh Perangkat Daerah Bagian Hukum Kabupaten/Kota Se Provinsi Sumatera Utara beserta Biro Hukum Provinsi Sumatera Utara berlangsung dengan lancar.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (Agustinus Pardede), sebagai narasumber memaparkan materi kriteria penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM dan juga membahas masalah yang dialami dalam pelaporan dan pelaksanaan kriteria yang terdapat pada Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016. Permasalahan yang dihadapi antara lain masih terdapatnya kesulitan mendapat data dan kesalahpahaman memahami yang dimaksud dalam Lampiran Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016.

Kadiv Pelayanan Hukum Sumut mengingatkan peserta rapat yang tidak masuk dalam kategori peduli HAM agar meningkatkan kinerja pelayanan berbasis HAM serta bagi kabupaten/kota yang mendapat kriteria cukup peduli berusaha meningkatkan pelayanan agar menjadi kabupaten/kota peduli HAM. Kadivyankum mengingatkan para peserta  agar data capaian sudah dapat diterima oleh Kantor Wilayah pada bulan Juni 2019.

Diharapkan dengan adanya Rapat Evaluasi dan Persiapan Penyampaian Data Kabupaten/Kota Peduli HAM, perserta dapat mengisi laporan sesuai Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016, serta masukan peserta atas pelaksanaan Kabupaten/Kota peduli HAM di Sumatera Utara akan disampaikan kepada Dirjen HAM.

Post Author: operator.info2