Saturday , 19 August 2017
HAM HIGHLIGHT
Home / Berita / Kementerian Hukum dan HAM Gelar Upacara Pembukaan Bulan Semarak Kemerdekaan RI
Kementerian Hukum dan HAM Gelar Upacara Pembukaan Bulan Semarak Kemerdekaan RI

Kementerian Hukum dan HAM Gelar Upacara Pembukaan Bulan Semarak Kemerdekaan RI

Jakarta – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar upacara pagi ini. Apel dilaksanakan berkaitan dengan rencana kegiatan Kemenkumham dalam memperingati hari ulang tahun ke-72 Indonesia.

Upacara ini dimulai pada pukul 08.15 WIB, Senin (31/7/2017) di lapangan upacara Kemenkumham, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjadi inspektur upacara.

“Hari ini kita menggelar upacara di lingkungan Kemenkumham untuk mencanangkan Bulan Semarak Kemerdekaan RI. Tahun ini kita mengangkat tema ‘Merdeka Jiwa Raga, Berkarya untuk Indonesia’. Ini adalah tema yang merupakan struktur hidup di negara Indonesia,” kata Yasonna dalam sambutannya.

Yasonna berpesan kepada seluruh jajarannya di Kemenkumham untuk terus mengedepankan budaya gotong-royong khas Indonesia. Ia pun mengajak seluruh jajarannya ikut meramaikan kegiatan untuk memperingati HUT ke-72 RI itu.

“Saya minta baik di tingkat pusat maupun wilayah untuk turut serta berpartisipasi. Semua kegiatan dilaksanakan secara gotong-rotong, mengedepankan akuntabilitas dan transparansi. Harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan,” sebutnya.

Yasonna juga menambahkan usia 72 tahun kemerdekaan Indonesia harus dimaknai dengan sebuah kerja nyata. Menurutnya, optimisme sangat penting untuk selalu dibangun.

“Usia 72 itu adalah usia yang matang bagi suatu bangsa yang harus dimaknai dengan kerja nyata berorientasi ke masa depan. Mulai melangkah optimistis mencapai cita-cita. Optimisme bangsa ditentukan melalui sikap, mental, dan perilaku. Melalui tema tahun ini, kita harap bisa mengangkat nama Indonesia,” katanya.

Yasonna kemudian membuka secara resmi membuka kegiatan yang akan digelar mulai 31 Juli hingga tanggal 31 Agustus 2017 ini. “Secara resmi Bulan Semarak Kemerdekaan RI di lingkungan Kemenkumham dibuka. Jayalah bangsaku, jayalah negeriku, Kemenkumham pasti nyata,” tutupnya.(hld/nvl)

https://news.detik.com/berita/d-3579891/kemenkumham-gelar-upacara-pembukaan-bulan-semarak-kemerdekaan-ri

  • Bulan Semarak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 dengan Tema Merdeka Jiwa Raga Berkarya untuk Indonesia