Kerja Sama dengan Kanwil DKI Jakarta, Ditjen HAM Gelar Sosialisasi Pos Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Pos LPDP HAM) dan Bimtek Aplikasi Simas HAM

Jakarta, ham.go.id – Bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Direktorat Jenderal HAM menyelenggarakan Sosialisasi Pos Pelayanan Pengaduan Masyarakat (Pos LPDP HAM) dan Bimtek Aplikasi Simas HAM, Rabu (11/2). Kegiatan di Aula Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta tersebut langsung dibuka oleh Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi.

Di hadapan para pejabat dan pelaksana UPT Kemenkumham se-DKI Jakarta, Mualimin mengingatkan kembali pentingnya mengimplementasikan HAM dalam bertugas sebagai representasi negara. “Setiap gerak langkah kita selaku bagian dari pemerintah tidak boleh lepas dari konstitusi. Nah konstitusi mengatakan bahwa HAM merupakan tanggung jawab negara khususnya pemerintah,” tutur Mualimin.

Dalam rangka mewujudkan pengimplementasian HAM, Direktorat Jenderal HAM telah menyusun sejumlah program. Dua di antaranya, sambung Mualimin, adalah SIMAS HAM dan Pos LPDP HAM.

Mualimin mengungkapkan kedua program tersebut dibentuk dalam rangka mempermudah akses masyarakat dalam menyampaikan permasalahan HAM ke Kanwil Kemenkumham.

Diakui Mualimin pengembangan Pos LPDP HAM memiliki sejumlah tantangan. Hal ini mengingat tugas di UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi sudah cukup padat. “Namun sebagai wujud tanggungjawab pemerintah dalam penanganan dugaan pelanggaran HAM, mau tidak mau pembentukan Pos LPDP HAM adalah sebuah keniscayaan,” imbuhnya.

“Besar harapan Saya bahwa pos LPDP HAM ini menjadi wadah dalam membantu masyarakat yang mengalami permasalahan HAM,” tukas Direktur Jenderal HAM.

Pada kesempatan siang ini, juga turut hadir kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan Direktur Yankomas beserta jajaran. Usai Direktur Jenderal HAM menyampaikan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi paparan teknis SIMAS HAM dan Pos LPDP HAM oleh tim dari Direktorat Yankomas. (Humas Ditjen HAM)

Post Author: operator.info2