Konsultasi Teknis Penyelenggaraan Pemajuan HAM di Wilayah

Mamuju, ham.go.id – Caturwati selaku Kabag Program dan Pelaporan Ditjen HAM bersama Liza Fauzia Riswan (penyusun rencana kerja dan anggaran) melakukan Konsultasi Teknis terkait penyelenggaraan Pemajuan HAM di Kantor Wilayah Kumham Sulbar didampingi Kepala Bidang HAM, Munir, Jumat (29/11).

Caturwati  menjelaskan target kinerja  dan penyusunan RKA/KL Dirjen HAM Tahun 2020, yang diantaranya, meningkatkan koordinasi dengan stakeholders terkait dalam rangka mendorong penyelesaian dugaan pelanggaran HAM, mendorong pemerintah daerah melaksanakan aksi HAM dan melaporkannya melalui sistem pemantauan yang dikelola oleh unit kerja di bawah Presiden.

“Terwujudnya kabupaten/kota Peduli HAM,mendorong terwujudnya peraturan daerah yang berperspektif HAM, pembentukan pos Yankomas di UPT, penanganan dugaan pelanggaran HAM berat masa lalu secara non yudisial” ucapnya.

Munir selaku Kepala Bidang HAM menyampaikan bahwa inpelementasi Permenkumham No.32 Thn 2016 tentang Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) agar  dilakukan revisi karena di dalamnya belum ada yang mengatur terkait dengan pos-pos Yankomas yang sudah dibentuk di tiap UPT Pemasyarakatan maupun UPT keimigrasian.

“Untuk anggaran pelaksanaan program kegiatan penghargaan pelayanan publik berbasis HAM agar dimasukkan didalam Postur RKAKL Tahun 2020 utk mengimplementasikan Permenkumham No.27 Thn 2018” ucap Munir.

Turut hadir Kepala Subbidang Pemajuan HAM, Andi Fahrisal, Kepala Subbag Penyusunan Program Jawaruddin beserta staf, Kepala Subbag Keuangan Mansyur dan staf, Kasubbid Pengkajian, Penelitian, dan pengembangan Hukum dan HAM.*

(*Sumber: https://sulbar.kemenkumham.go.id/berita-kanwil/3373-konsultasi-teknis-penyelengaraan-pemajuan-ham-di-wilayah )

Post Author: operator.info2