Wednesday , 18 October 2017
HAM HIGHLIGHT
Home / Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM / KOORDINASI PENYULUHAN HUKUM
KOORDINASI PENYULUHAN HUKUM

KOORDINASI PENYULUHAN HUKUM

Penyuluh Hukum Direktorat Jenderal HAM melakukan Koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi pada Senin, 10 April 2017.

Penyuluh Dari Ditjen.HAM diterima Sekretaris Dinas Diknas Kota Sukabumi Bapak Mulyono.

Tujuan Koordinasi untuk menjalin kerjasama dalam rangka Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik dalam bidang HAM.

Mengingat akhi-akhir ini para Guru pada saat mengajar kerap mengalami dilema, antara penegakan disiplin di sekolah yang berbenturan  dengan hak asasi manusia (HAM).

Tim Penyuluh Hukum dari Ditjen HAM memberikan masukan pentingnya penyuluhan hukum tentang HAM bagi Guru untuk meningkatkan kapasitas dalam bidang HAM.

Dengan dilakukan Penyuluhan Hukum tentang HAM kepad para Guru diharapkan akan memberikan pemahaman tentang HAM kepada Guru, dan  bagaimana  penerapan HAM di sekolah, serta dipahami pula penegakkann disiplin kepada siswa   yang selaras dengan HAM.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Sukabumi menyambut baik masukan dari Tim Penyuluh Hukum Ditjen HAM, dan akan menindaklanjuti usulan tersebut.

Kegiatan yang sama juga telah dilakukan ke beberapa Dinas Diknas Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi,  Kabupaten Karawang, Kab. Purwakarta, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Depok Privinsi Jawa Barat.

Semua Kabupaten/Kota yang diberikan masukan oleh Penyuluh Hukum Ditjen HAM menyambut baik.

Bahkan Dinas Diknas Kabupaten Bogor mengundang Penyuluh Hukum  sebagai Narasumber pada kegiatan Bimtek Bagi Guru, hanya selang beberapa hari setelah dilakukan koordinasi.

Bapak Drs. Agoes Jazuli (Penyuluh Hukum Madya) dari Ditjen HAM, hadir memenuhi undangan tersebut.

Kerja nyata ini tidak lepas dari dukungan Bapak Direktur Jenderal HAM Kemenkumham Bapak Mualimin Abdi, dan Direktur Penguatan dan Diseminasi HAM.

Semoga di waktu yang akan datang Penyuluh Hukum Ditjen HAM mendapat dukungan anggaran yang lebih memadai, sehingga dapat melakukan koordinasi untuk  memperluas jaringan kerjasama, tidak hanya ke Dinas Diknas di Jabodetabek, melainkan merambah ke Dinas Diknas wilayah lainnya.

(kusnandirk@ymail.com)