Saturday , 16 December 2017
HAM HIGHLIGHT
Home / Kegiatan / Kunjungan Dirjen HAM ke Lapas Lhoknga
Kunjungan Dirjen HAM ke Lapas Lhoknga

Kunjungan Dirjen HAM ke Lapas Lhoknga

Aceh, ham.go.id – Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi dalam setiap kegiatan ke daerah menyempatkan berkunjung ke Lapas, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pemenuhan HAM. Salah satunya ke lapas perempuan dan anak Lhoknga provinsi Aceh, Kamis (30/3).

Cuaca panas di kota Aceh Besar tak menjadi halangan bagi Mualimin Abdi untuk berkunjung ke Lapas anak dan perempuan Lhoknga. Kehadirannya disambut oleh warga binaan yang berseragam pramuka, satu persatu ia menyapa warga binaan perempuan dan anak-anak.

Ia menanyakan kepada para warga binaan di lapas tersebut, “bagaimana penanganan kamu disini?” tanya Mualimin Abdi.  “Disini baik pak” jawab salah satu dari mereka.

Selanjutnya, ia pun berpesan agar para warga binaan tidak mengulangi perbuatannya. Ia juga berharap agar para petugas lapas tidak melanggar HAM dalam menjalankan tugasnya. “Mereka (warga binaan-red) juga manusia, hendaknya dibina dengan baik agar nanti kalau sudah keluar bisa kembali bermasyarakat dan tidak mengulangi perbuatannya,” tambahnya.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lhoknga menjadi salah satu dari 18 Lembaga Pembinaan Khusus Anak dan Lembaga Penempatan Anak Sementara, yang diresmikan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun 2015 yang lalu. (PH)