Peringati Hari HAM Sedunia Ke-71, Ditjen HAM Kembali Gelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) HAM di Kota Bandung

Bandung, ham.go.id – Rangkaian kegiatan menyambut peringatan Hari HAM Sedunia ke-71 masih terus berjalan. Hari ini Direktorat Jenderal HAM c.q Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM tengah menyelenggarakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat HAM Tahun 2019 bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Senin (9/12).

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bambang Rantam. Dalam sambutannya, Bambang Rantam menyampaikan apresiasi atas kehadiran siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Jakarta dan Jawa Barat yang telah hadir dan meramaikan kegiatan lomba cerdas cermat ini.

“Diseminasi nilai-nilai HAM di kalangan generasi muda perlu dilakukan dengan berbagai macam cara. Tidak harus dengan ceramah-ceramah semata-mata, tetapi juga dengan berbagai media, baik secara formal di sekolah-sekolah atau melalui lomba-lomba yang menarik minat seperti halnya Lomba Cerdas Cermat HAM, sebagaimana yang hari ini kita laksanakan” ungkapnya.

Tujuan digelarnya lomba ini adalah bagaimana para pemuda/pelajar memahami dan menginternalisasi nilai-nilai hak asasi manusia dalam dirinya, dan selanjutnya dapat mengimplementasikannya di lingkungan kehidupan sehari-hari di masyarakat.

“Kepada peserta saya ucapkan selamat mengikuti lomba ini dengan sportif dan semangat” Ungkap Bambang Rantam sebagai penutup sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan LCC HAM tahun 2019.

Perlombaan berlangsung meriah dan kompetitif, para peserta terlihat sangat antusias dan sigap menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh Dewan juri.

Pada akhir sesi lomba, SMAN 3 Bandung dinobatkan sebagai juara 1, kemudian diikuti SMKS Pemuda Sumedang sebagai Juara 2, serta SMKN 26 Pembangunan Jakarta sebagai Juara 3. Sedangkan Harapan 1, 2, dan 3 diraih oleh SMAN 1 Tasikmalaya, SMAN 1 Sukabumi, dan SMA Doa Bangsa Kabupaten Sukabumi.

Sebagai sambutan penutup, Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi menyampaikan “Teruslah belajar, memahami HAM dan mengimplementasikan di lingkungan rumah, sekolah dan lingkungan yang lebih besar lagi. Selamat kepada para pemenang, yang dinobatkan sebagai pemenang maka ia memang patut untuk menang. Yang kalah tidak boleh kecewa dan yang menang tidak boleh jumawa”.

 

Suksesnya perlombaan ini tidak terlepas dari dukungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank BNI, Second Chance Foundation dan PT. Garuda Food.

Post Author: operator.info2