Monday , 23 April 2018
HAM HIGHLIGHT
Home / Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM / Pelanggaran HAM Tanggungjawab Semua Pihak
Pelanggaran HAM Tanggungjawab Semua Pihak

Pelanggaran HAM Tanggungjawab Semua Pihak

Bangka Belitung, ham.go.id – Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM menyelengarakan kegiatan diseminasi HAM bagi guru/komite sekolah/pengurus OSIS SMA/SMK/MA di Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung, bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bangka Belitung, Selasa (12/3).

Kegiatan diseminasi HAM ini tersebut diikuti oleh 40 orang peserta, yang terdiri dari 17 guru, komite sekolah/wali murid sebanyak 14 orang, dan perwakilan murid sebanyak 9 orang.

Dalam sambutannya, Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM, Bambang Iriana Djajaatmadja, menyampaikan esensi dari penyelenggaraan kegiatan diseminasi tersebut.

“bahwa kegiatan diseminasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, wawasan dan persepsi serta mendorong partisipasi aktif guru, komite sekolah dan pengurus OSIS SMA sederajat dalam menyuarakan nilai-nilai Hak Asasi Manusia di lingkungan sekolah dan masyarakat”, ujar Bambang Iriana.

Menurut Bambang, hal tersebut perlu guna mendorong beberapa pihak untuk terus meningkatkan pemahamannya mengenai hak asasi manusia secara holistik, bukan setengah-setengah. Sehingga diharapkan baik sekolah maupun komponen yang ada di dalam maupun komponen pendukungnya, dapat meminimalisir adanya tindak pelanggaran hak asasi manusia.

“dengan pemahaman yang holistik, kita berharap Bapak/Ibu sekalian dapat membawa perubahan minimal di lingkungan sendiri, dan nantinya dapat ditularkan pemahaman tersebut kepada pihak-pihak lainnya”, tegas Bambang Iriana.

“Hal ini sekaligus sebagai suatu upaya dalam rangka perlindungan, pemajuan, penegakan, pemenuhan, dan penghormatan HAM. Oleh sebab itu, semua pihak memiliki peran dalam menjaga agar tidak terjadi adanya pelanggaran HAM ” tegasnya.

Oleh karenanya, dalam kegiatan ini penting disampaikan beberapa hal terkait implementasi HAM di lingkungan pendidikan, implementasi dan solusi menghapus pelanggaran HAM di sekolah, serta perlindungan dan hak anak diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan terkait kurangnya pemahaman dan pengertian HAM di kalangan pendidikan, khususnya bagi Guru, Komite Sekolah, dan Pengurus OSIS SMA/SMK/MA mengenai permasalahan HAM di Sekolah. (ion)