Tuesday , 27 June 2017
HAM HIGHLIGHT
Home / Info Kanwil / Pembuatan berita tidak boleh melupakan unsur 5W + 1H

Pembuatan berita tidak boleh melupakan unsur 5W + 1H

foto RDK

Subbidang Pelayanan, Pengkajian dan Informasi HAM Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan rapat dalam kantor Pengolahan dan Pemutakhiran Data dan Informasi Ham Web Site Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum  dan  Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017. Rapat perdana ini dihadiri oleh Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta Dewa Putu Gede, Bc.IP, S.H., M.H. beserta tim sebanyak 11 (sebelas) orang, diselenggarakan di, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY hari Selasa tanggal 7 Maret 2017, pukul 16.30 WIB s/d 19.30 WIB.

Kepala Kantor Wilayah Bapak Dewa Putu Gede, Bc.IP, S.H., M.H. mengatakan pemetaan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat secara umum diperlukan untuk mengetahui berapa banyak pelanggaran dan pemenuhan HAM yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau menambahkan Yogyakarta sebagai kota pelajar adalah tempat dimana banyak pelajar berkumpul menuntut ilmu di Yogyakarta dengan latar belakang asal daerah yang beragam dari seluruh Indonesia adalah kesempatan bagi penyuluh HAM untuk melakukan Diseminasi kepada para pelajar agar dapat meminimalisir dan mencegah pelanggaran HAM terhadap anak di sekolah.

Sedangkan Kepala Bidang  HAM  Kus Aprianawati, S.H., M.H menerangkan Pengolahan Dan Pemutakhiran Data Dan Informasi Ham Web Site Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum  Dan  Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017 adalah kegiatan baru untuk Subbid Pelayanan, Pengkajian dan Informasi HAM dalam bentuk upload berita dari kegiatan-kegiatan Bidang HAM ke website Website ham.go.id Direktorat jenderal HAM yang dilakukan dengan metode Swakelola yang terdiri dari pejabat dan pegawai Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY sesuai Surat Perintah Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY Nomor : W14.HA.01.01- 1450 Tanggal 7 Maret 2017.

KaSubbid Pelayanan, Pengkajian dan Informasi HAM  (Priyanti Farida, S.IP., M.H.) menjelaskan bahwa dalam penyusunan berita perlu bantuan/ belajar dari Humas yang sudah berpengalaman dalam hal pembuatan berita, yang perlu digaris bawahi disini pembuatan berita tidak boleh melupakan dalam menulis lead adalah unsur 5W + 1H, yaitu :

  1. What : Apa yang terjadi?
  2. Who : Siapa yang terlibat dalam kegiatan?
  3. Why : Mengapa kegiatan itu dilakukan?
  4. Where : Di mana kegiatan itu?
  5. When : Bilamana kegiatan itu?
  6. How : Bagaimana kegiatan itu?

Test

TEst