Tuesday , 17 July 2018
HAM HIGHLIGHT
Home / HAM Highlight / Sosialisasi Hukum Bersama Dirjen HAM di Jeddah
Sosialisasi Hukum Bersama Dirjen HAM di Jeddah

Sosialisasi Hukum Bersama Dirjen HAM di Jeddah

Jeddah, ham.go.id – Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (Dirjen HAM), Kementerian Hukum dan HAM, Mualimin Abdi bersama dengan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Mohamad Hery Saripudin melaksanakan kegiatan Temu Masyarakat dalam rangka kegaiatan Sosialisasi Hukum Bersama Dirjen HAM, yang dilaksanakan di Kantor Kunsolat Jenderal RI di Jeddah (23/06).

Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia saat ini tengah mendorong Kementerian Lembaga dan Instansi Pemerintah baik di pusat dan daerah yang terkait dengan pelayanan publik, selain memenuhi asas-asas pelayanan publik dalam UU 25 tahun 2009 juga memenuhi upaya layanan berperspektif Hak Asasi Manusia (HAM).

Secara bertahap upaya pemenuhan layanan berperspektif HAM yang telah dilakukan pada Kementerian/Lembaga atau instansi terkait di pusat dan daerah di dalam negeri, saat ini tengah pula didorong di luar negeri melalui Perwakilan Republik Indonesia.

Dirjen HAM menyampaikan, “secara resmi kriteria dan langkah upaya pemenuhan layanan berperspektif HAM di Perwakilan RI melalui Kementerian Luar Negeri,” ungkapnya.

Kriteria tersebut merupakan norma dan standar HAM yang berlaku utk diimplementasikan di tiap layanan publik.

Konsulat Jenderal RI Jeddah menjadi salah satu Perwakilan RI yang terpilih menjadi role model untuk konsep Layanan dan Perlindungan WNI, dengan pertimbangan kompleksitas permasalahan WNI di wilayah akreditasi, kualitas atau bobot beban permasalahan yang dihadapi hingga karakteristik yang tidak ditemukan atau dihadapi di Perwakilan RI lainnya terkait permasalahan umrah dan jemaah haji.

Pada saat yang sama Dirjen HAM juga menyerahkan Penghargaan Menteri Hukum dan HAM RI kepada Kepala Perwakilan RI di Jeddah atas upayanya dalam melaksanakan pelayanan dan perlindungan Warga Negara Indonesia di Perwakilan RI yang berbasis Hak Asasi Manusia.

Hal ini sesuai penilaian tim Kemenkumham dalam kunjungan sebelumnya, tanggal 4-6 April 2018 telah melakukan tinjauan awal mengenai bagaimana kongkritisasi upaya pemenuhan HAM dalam layanan dan Perlindungan KJRI Jeddah di bidang Kekonsuleran, Keimigrasian, dan Ketenagakerjaan.