Pantia Pelaksana RANHAM Dikukuhkan

PASAMAN – Pemerintah Kabupaten Pasaman, kembali mengukuhkan Panitia Pelaksana Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) untuk tiga tahun ke depan beberapa hari lalu.

Bupati Pasaman, Benny Utama, kepada Padangmedia.com, mengatakan pembentukan Panitia RANHAM bertujuan untuk pemenuhan dan perlindungan HAMserta memperkuat sendi-sendi dasar kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara menuju masyarakat adil dan makmur.

“Termasuk untuk kelancaran pelaksanaan penanganan kasus dan pengaduan masyarakat di Kabupaten Pasaman,” ucapnya, Selasa (29/10).

Bupati mengatakan, pelaksanaan program RANHAM baik nasional, provinsi maupun di daerah ini berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 23 tahun 2011 tentang RANHAM Indonesia 2011-2014.

Untuk daerah, kata Bupati, Panitia RANHAM ini memiliki tugas melakukan mediasi pemerintah dengan stakeholder untuk melakukan implementasi HAM.

Tugas penting yang diemban panitia ini ruang lingkupnya mencakup penyusunan peraturan perundang-undangan di Daerah dalam mediasi konflik dan aspek lainnya terkait pelaksanaan HAM.

Adapun komposisi keanggotaan Panitia Ranham, terdiri dari unsur pemerintah maupun non pemerintah sebagai pemangku kepentingan dalam upaya penegakan HAM di Pasaman.

“Adanya Panitia Ranham ini diharapkan bisa menjadi rangkaian upaya serius dalam menciptakan suasana yang kondusif terkait dengan penegakan HAM ,”  pintanya. (Wahyu)

http://www.padangmedia.com/1-Berita/84717-Pantia-Pelaksana-RANHAM-Dikukuhkan.html

Post Author: operator.info1