Hari Anak Muda Internasional

Mendengar pertanyaan dari pimpinan perampok, si anak menjawab bahwa sebelum pergi, ibunya menasehatinya untuk selalu jujur serta tidak berdusta dan ia takut untuk melanggar janji pada ibunya tersebut. Mendengar jawaban dari si anak itu, pimpinan perampok langsung mengembalikan uang sebanyak 400 dirham itu dan langsung bertaubat serta berhenti menjadi perampok.

Sekelumit kisah di atas menggambarkan sosok anak yang jujur dan taat dengan ibunya, bayangkan apabila seluruh anak muda di dunia memiliki sifat seperti anak tersebut dan seluruh orang tua memiliki sifat seperti ibunya, maka wajah dunia ini akan bertambah cerah. Wajah dunia esok tergantung dengan bagaimana anak muda saat ini, sedangkan anak muda saat ini tergantung bagaimana orangtuanya secara khusus ibu yang mendidiknya, dan keterkaitan semacam ini tidak akan lepas hingga kapan pun.

Kegagalan anak muda adalah kegagalan untuk masa depannya, salah langkahnya anak muda maka akan menjadikannya di masa depan berada di tempat yang salah.

Ketika aku muda, aku ingin mengubah dunia
Lalu, aku menyadari betapa sulitnya mengubah dunia
Maka aku putuskan untuk mengubah negaraku saja
Kemudian kusadari tidak mudah untuk mengubah negaraku
Maka aku berusaha mengubah kotaku
Semakin tua, aku menyadari tidak mudah mengubah kotaku
Maka aku mulai mencoba mengubah keluargaku
Kini aku semakin renta dan ternyata aku tak bisa mengubah keluargaku
Akhirnya aku menyadari bahwa satu-satunya yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri
Bila saja aku bisa mengubah diriku sejak dahulu, mungkin kini aku bisa mengubah dunia
(http://id.scribd.com/doc/179355442/Lanin-2013-Penguatan-Bahasa-Indonesia-di-Dunia-Internasional)

Tanggal 12 Agustus adalah Hari Anak Muda Internasional, hari dimana kita harus melihat kembali bagaimana Anak Muda di sekitar kita, pedulikah kita kepada mereka? Masih banyak anak muda di lingkungan kita yang menghabiskan waktunya dengan sia-sia atau bahkan bukan lagi sia-sia tetapi tanpa mereka sadari mereka menghabiskan waktunya dengan melakukan kegiatan yang akan merusak masa depannya.

Post Author: operator.info1