Pertemuan ke-7 Tingkat Pejabat Senior/Senior Officials’ Meeting (SOM) RI – Timor Leste mengenai Tindak lanjut Implementasi

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM menghadiri Pertemuan ke-7 Tingkat Pejabat Senior/Senior Officials’ Meeting (SOM) RI – Timor Leste mengenai Tindak lanjut Implementasi Rekomendasi Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP) di Hotel Grand Inna, Kuta Bali (3-5/8).

Pertemuan yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri ini bertujuan untuk melanjutkan proses konsultasi, mengevaluasi capaian dan tantangan implementasi rekomendasi laporan akhir KKP RI – Timor Leste, dan membahas berbagai langkah ke depan guna mempercepat implementasi rekomendasi KKP.

Pertemuan ini dibuka oleh pimpinan Delegasi Pemerintah Indonesia, Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri, Hasan Kleib dan pimpinan Delegasi Pemerintah Timor Leste, Direktur Jenderal Kerja Sama Eksternal Kementerian Luar Negeri Timor Leste, Joao Freitas de Camara.

100 peserta dari perwakilan Kementerian/Lembaga dari kedua negara dalam acara tersebut, dibagi dalam empat 4 kelompok kerja (pokja), dimana wakil Ditjen HAM, tergabung pada Pokja IV yang dipimpin Direktur HAM dan Kemanusiaan Kementerian Luar Negeri, Dicky Komar dari delegasi Pemerintah Indonesia. Sedangkan delegasi Pemerintah Timor Leste dipimpin Konsuler Kedutaan Timor Leste di Indonesia, Lisualdo Gaspar.

Beberapa hal yang telah menjadi perhatian bersama pada pokja ini diantaranya, pembentukan forum persahabatan Indonesia – Timor Leste, zona persahabatan dan pertumbuhan bersama, rekonsiliasi intra dan inter Timor Leste, Taman Makam Pahlawan (TMP) Indonesia di Timor Leste, Kerja sama militer, Solidarity Fund, Diseminasi laporan KKP, Center for Conflict Resolution and Peace Building, Aset, dan Orang hilang.

Pertemuan SOM berikutnya direncanakan akan diselenggarakan di Dili, Timor Leste yang pengaturannya akan dikomunikasikan lebih lanjut. (SA)

Post Author: operator.info1