Koppeta Indonesia Berekspansi ke Bandung

Bandung, ham.go.id – Komunitas Pemuda Pelajar Pegiat Hak Asasi Manusia (Koppeta HAM) Indonesia yang berpusat di Jakarta membentuk Koppeta di kota Bandung, Jawa barat.

Pembentukan Koppeta tersebut dilakukan pada rangkaian kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Jaringan Alumni Pelatihan HAM yag diselenggarakan Direktorat Penguatan HAM. Acara yang diikuti 20 Peserta tersebut bertempat di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Selasa (3/11).

Peserta kegiatan merupakan alumni pelatihan yang dahulunya pernah mengikuti penguatan HAM yang diselenggarakan Direktorat Penguatan HAM.

Acara yang dibuka oleh Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Ria Anggriani salah satunya bertujuan untuk memonitoring Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang sebelumnya pernah dibuat oleh para peserta, dan membuat wadah komunikasi bagi alumni di Jawa Barat.

“Jadi peserta ini sudah memiliki pemahaman awal yang cukup mengenai Hak Asasi Manusia, bukan diambil dari peserta diluar yang belum mengikuti penguatan HAM,” ungkap Kasubdit Program dan Bimtek HAM, Agoes Zadjuli di sela-sela acara.

“Selama ini, melalui Koppeta HAM yang merupakan komunitas binaan Direktorat Jenderal HAM sangat membantu dalam mensosialisasikan Hak Asasi Manusia melalui aksi-aksi nyata. Kita patut bangga dengan para pemuda dan pelajar, semangat mereka dalam menyuarakan nilai-nilai HAM begitu luar biasa. Hingga tahun 2015 saja, mereka (Koppeta-red) sudah dapat mengkampanyekan HAM ke lingkungan sekolah kurang lebih kepada 5.000 orang dan ini dilakukan tanpa biaya dari Negara sedikitpun,” pungkas Agoes.

Pada kesempatan tersebut, setelah terbentuk Koppeta Jawa Barat para peserta langsung mengadakan rapat perdana untuk membentuk sistim kepengurusan, program kerja jangka pendek, menengah dan panjang. (ion)

Post Author: operator.info1