Pengaduan Dugaaan Permasalahan HAM terkait PDAM

Jeneberang, ham.go.id – Menindaklanjuti pengaduan dugaaan permasalahan HAM di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Tim Yankomas melaksanakan Koordinasi di Perusahaan Daerah Air Minum Jeneberang Kab. Gowa Pada hari Selasa, tanggal 21 Agustus 2018. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pelayanan Komunikasi Masyarakat Mengenai Dugaan Kasus Penelantaran Rumah Tangga Saudara Zubair Dg. Ruppa.

Dalam Kasus ini pengaduan isteri saudara terlapor sebenarnya sudah dilakukan dibeberapa instansi yakni di PDAM itu sendiri yang merupakan tempat bekerja terlapor. Pengaduan juga pernah di laporkan di kantor polisi dan Kanwil Hukum dan HAM Sulawesi Selatan.

Dalam koordinasi tersebut, pihak PDAM Jeneberang Kab. Gowa menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan mediasi terkait kasus ini. Pelapor atau istri Zubair pernah meminta uang sebanyak Rp. 25.000.000 sebagai syarat bahwa jika terlapor menyanggupinya, maka kasus ini dianggap selesai.    Sampai saat ini, persoalan ini masih dalam proses.

Berdasarkan hasil koordinasi Tim Pelayanan Komunikasi Masyarakat menyimpulkan bahwa pihak PDAM akan memanggil ulang saudara terlapor tersebut untuk dimediasi ulang dan membuat berita acara pemeriksaan. Dengan demikian, hasilnya dapat dilaporkan kepada Tim Yankomas Kanwil Sulsel melalui surat.

Post Author: kanwilsulsel