Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Riau Lakukan Rapat Koordinasi Yankomas terhadap Dugaan Permasalahan HAM

Pekanbaru, ham.go.id – Dalam rangka pemberian Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) sebagai wujud pelaksanaan tanggung jawab pemerintah dalam upaya perlindungan dan pemenuhan Hak Asasi Manusia di Provinsi Riau, Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Riau mengadakan Rapat Koordinasi Yankomas dengan Instansi Terkait (13/2). Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Siti Cholistyaningsih dan dihadiri oleh Pejabat Struktural Bidang HAM, Tim Pelayanan Komunikasi Masyarakat Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Kepolisian, Pelapor, Terlapor dan pihak terkait.

Agenda tersebut menindaklanjuti pengaduan masyarakat dan pembahasan dugaan permasalahan HAM guna melakukan mediasi dan klarifikasi serta memonitor perkembangan tindak lanjut penanganannya, terdapat 3 kasus permasalahan yang dikonsultasikan langsung dan dikoordinasikan dalam forum tersebut masing-masing adalah terkait belum dibayarkannya kompensasi pola kemitraan Koperasi oleh Perusahaan, Kasus Pekerja dari Serikat Buruh dan Perusahaan serta terkait hak anak yang belum dibayarkan akibat perceraian.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Riau mengatakan adanya sinergitas dalam suatu permasalahan yang dihadapi pihak atau lembaga terkait yang mempunyai kewajiban untuk melakukan penerimaan komunikasi, menelahah, menganalisis, koordinasi sampai penyusunan rekomendasi pengaduan masyarakat. Dan diharapkan setiap pengaduan yang terlayani oleh Yankomas datang dengan keadaan sedih, dan pulang dengan tersenyum.

Post Author: operator.info2