Rapat Trilateral Pembahasan Proyeksi RANHAM Sebagai Program Prioritas Nasional

Jakarta, ham.go.id – Kawal Proyeksi RANHAM di tahun 2021, Direktorat Jenderal HAM dan 10 unit eselon 1 mengikuti trilateral meeting Pembahasan Pagu Indikatif tahun anggaran 2021 secara virtual yang diselenggarakan oleh Bappenas, Jumat (5/6).

Rapat yang dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal HAM, RR. Risma Indriyani dan Direktur Kerja Sama HAM, Bambang Iriana Djajaatmadja, menyampaikan bahwa RANHAM akan menggunakan peraturan presiden yang baru tahun depan. “Landasan hukum (PERPRES) RANHAM baru belum selesai karena kendala teknis sehingga RANHAM yang baru dimulai pada 2021.

Bambang mengungkapkan bahwa kesepakatan dalam target capaian (rata-rata) RANHAM tahun depan yang disusun Bappenas. “Target capaian (rata-rata) 60% yang ditetapkan Bappenas sudah tepat menurut perhitungan kami karena dipastikan K/L dan pemerintah daerah membutuhkan penyesuaian untuk melaksanakan RANHAM baru. Ditjen HAM telah menyusun strategi guna mencapai target sebagaimana ditetapkan Bappenas. “Kami telah menyusun tahapan-tahapan rencana kerja untuk mencapai target tersebut.

Dalam paparan Ditjen HAM disampaikan bahwa ada empat tahapan yang akan dilakukan dalam menyukseskan program prioritas nasional tersebut tahun depan. Tahapan itu dimulai dari penyusunan aksi HAM, bimbingan teknis substansi pelaporan aksi HAM, pemantauan RANHAM, hingga evaluasi RANHAM.(Humas Ditjen HAM)

Post Author: operator.info2

Leave a Reply