EVALUASI CAPAIAN PELAKSANAAN AKSI HAM DEMI TERCAPAINYA CAPAIAN AKSI HAM PROV/KAB/KOTA DI KALTIM DAN KALTARA TAHUN 2020

Samarinda, ham.go.id – Dalam rangka upaya peningkatan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM Tahun 2020, Sub Bidang Pemajuan HAM Kanwil Kumham Kaltim mengadakan kegiatan Evaluasi Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM dengan seluruh Biro Hukum Provinsi, Bagian Hukum dan Bappeda Kab/Kota di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (19/06). Mengingat kondisi Pandemi Covid-19 terkini, kegiatan dilaksanakan menggunakan Aplikasi Cisco Meeting dengan menghadirkan narasumber Bpk. R. Eddy Haryadi (Kepala Bagian Bantuan Hukum dan HAM Biro Hukum Provinsi Kalimantan Timur) dan Ibu Sofia Alatas (Kepala Sub Direktorat Kerjasama Dalam Negeri dan RANHAM Wilayah II Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham RI) serta moderator Bpk. Sutrisno (Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Kaltim).

Dalam sambutan Bpk Agus Subandriyo (Kepala Kantor Wilayah Kanwil Kemenkumham Kaltim) yang berhalangan hadir karena ada kegiatan lain dan dibacakan oleh Bpk. Sutrisno disampaikan bahwa “Rapat Evaluasi Pelaporan Capaian Pelaksanaan Aksi HAM ini merupakan salah satu program kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI sebagai salah satu langkah pendidikan HAM bagi ASN, dengan harapan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta lebih memahami dalam mengimplementasikan, Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan dan Pemajuan HAM khususnya di Kalimantan timur dan Kalimantan Utara.” Kegiatan berjalan semakin menarik saat sesi diskusi dibuka dengan aktifnya peserta dari kab/kota bertanya kepada narasumber terkait masalah dan kendala yang berakibat kurang maksimalnya hasil penilaian untuk beberapa kab/kota pada laporan B04 serta apa saja yang perlu dipersiapkan dalam Pelaporan Periode B08 nanti.

Di akhir kegiatan Bpk. Sutrisno dan Ibu Sofia menyampaikan bahwa Ditjen HAM dan Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Kaltim selalu membuka komunikasi kepada kab/kota sebagai bimbingan dalam upaya pemenuhan data dukung poin-poin penilaian Aksi HAM jika terdapat kendala/pertanyaan dalam pengumpulan data dukung serta memberikan semangat kepada Kab/Kota dan Provinsi untuk meraih hasil maksimal di sisa bulan berjalan Tahun 2020 ini. (Kanwil Kaltim)

Post Author: Operator Info 3

Leave a Reply