Menkumham Berserta Jajaran Lakukan Rapat Kerja Bersama Komisi III DPR RI

Jakarta, ham.go.id – Pagi ini (22/06) Menkumham Yasonna H. Laoly beserta jajaran Kemenkumham salah satunya Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi melakukan Rapat Kerja bersama Komisi III DPR RI. Raker ini membahas mengenai refocusing kegiatan dan realokasi anggaran 11 program Kemenkumham serta upaya dalam pencapaian target kinerja, kesiapan sektor imigrasi menuju “new normal”, evaluasi kinerja di bidang pemasyarakatan, RB dan manajemen SDM.

Tahun 2020, anggaran Kemenkumham sebesar Rp 13,8 T, dengan total penghematan yang dilakukan pada 11 program Kemenkumham sebesar Rp 695 M, sedangkan untuk refocusing dan realokasi anggaran tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 sebesar Rp 77 M.

Dalam Rapat Kerja yang terbuka untuk umum dipimpin oleh wakil ketua komisi III, Khairul Saleh tersebut Yasona memberikan penjelasan terkait 4 hal yg meliputi:
1. Refocusing kegiatan dan relokasi anggaran 11 program Kemenkumham;
2. Kesiapan sektor Imigrasi menuju “New Normal”;
3. Evaluasi kinerja di bidang pemasyarakatan serta;
4. Evaluasi RB dan Manajemen SDM.

Didalam mencapai target kinerjanya, Kemenkumham telah melakukan empat upaya, antara lain untuk kegiatan yang tertunda pelaksanaannya pada tahun 2020 telah dialokasi melalui anggaran 2021, dan optimalisasi penggunaan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan. Kemudian mengusulkan tambahan anggaran pada TA 2020 untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pada era “new normal” khususnya pelaksanaan di jajaran Ditjen Pemasyarakatan. Sedangkan yang terakhir Kemenkumham telah mengusulkan perubahan target PNBP pada tahun 2020 dan konversi PNBP menjadi rupiah murni pada pagu anggaran 2021 khususnya pada kegiatan blanko paspor.

Perlu diketahui juga bahwa Ditjen HAM melalui Program Pemajuan HAM-nya telah melakukan refocusing dan relokasi anggaran dengan penghematan sebesar 5.5 milyar dari total anggaran sebagaimana bahan paparan Menkumham yang disampaikan kepada komisi III.(Humas Ditjen HAM)

Post Author: operator.info2

Leave a Reply