Wujudkan Seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau Raih Predikat Peduli HAM, Kanwil Kumham Riau Gelar Rakor Kabupaten/Kota Peduli HAM

Pekanbaru, ham.go.id – Pada Tahun 2019, dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau terdapat 8 Kabupaten/Kota yang meraih kategori Peduli Hak Asasi Manusia (HAM), yaitu Kab. Indragiri Hilir, Kab. Indragiri Hulu, Kab. Siak, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kab. Kampar, Kab. Kepulauan Meranti dan Kab. Bengkalis dengan nilai tertinggi diraih oleh Kab. Indragiri Hilir sebesar 88,28. Sementara, 4 Kabupaten lainnya mendapat Kategori Cukup Peduli HAM.

Oleh karena itu, Kanwil Kemenkumham Riau melalui Divisi Pelayanan Hukum dan HAM menggelar Rapat Koordinasi Kabupaten / Kota Peduli Hak Asasi Manusia (KKPHAM) Tahun 2020 dengan tema “Mari Kita Tingkatkan Sinergitas dan Kerjasama” yang dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham Riau, Selasa (14/7). Rakor yang diikuti oleh seluruh perwakilan Biro Hukum Kabupaten/Kota di Provinsi Riau ini dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Siti Cholistyaningsih, dengan narasumber dari Biro Hukum Provinsi Riau, Nandi Triazanovi, dan moderator Kepala Sub Bidang Pemajuan Hak Asasi Manusia, Nurhayati.

Dalam sambutannya, Kadiv Yankumham mengatakan bahwa Rencana Aksi HAM merupakan bukan hanya tugas dan fungsi dari Kementerian Hukum dan HAM, tetapi menjadi tanggung jawab kolektif dari sebuah bangsa yang besar berdasarkan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2015-2019. Oleh karena itu diperlukan kolaborasi dan koordinasi pemerintah baik instansi vertikal maupun perangkat daerah dalam rangka penghormatan, pemenuhan, perlindungan, penegakan dan pemajuan hak asasi manusia.

Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM harus memenuhi beberapa indikator yang diantaranya adalah hak kesehatan, hak pendidikan, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan. “Semoga di Tahun 2020 diharapkan dengan kerja sama yang baik dan dengan sinergitas Pemerintah Daerah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kanwil Kumham Riau, seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau memperoleh predikat kategori Kabupaten/Kota Peduli HAM”, ujar Kadiv Yankum.

Kumham Riau CORPU
SDM Unggul, Kemenkumham Maju !!!
(HUMAS KANWIL KUMHAM RIAU)

Post Author: operator.info2

Leave a Reply