Ditjen HAM Gelar Rapat Penajaman Aksi HAM Kementerian/Lembaga Tahun 2020 tentang Hak Anak dan Perempuan

Jakarta, ham.go.id – Tepat di hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2020, Direktorat Jenderal HAM melangsungkan Rapat Penajaman Aksi HAM Kementerian/Lembaga Tahun 2020 membahas tentang Penajaman Hak Anak dan Perempuan. Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Subdit Kerja Sama Dalam Negeri Wilayah I, Sofia Alatas di ruang rapat Ditjen HAM.
Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari Kementerian dan Lembaga yang hadir. Sofia Alatas menyampaikan, “silakan para undangan yang hadir untuk memberikan masukan terkait Aksi HAM tahun 2020 dan juga rencana kedepannya,” ungkapnya.
Salah satu masukan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) “Aksi LPSK terkait Optimalisasi Layanan bantuan hukum, medis, psikososial, dan reintegrasi sosial bagi anak yang berhadapan dengan hukum telah disetujui,” ungkap Sriyana, Kepala Biro LPSK.
“Aksi ini dibuat untuk aksi tahun depan sehingga LPSK dapat memberikan usulan apakah yang akan dicapai dalam 2 tahun ke depan terkait aksi ini,” jelasnya.
Kementerian/Lembaga lain juga turut memberikan masukannya. Sofia alatas menyampaikan juga menyampaikan aksi-aksi ham yang sudah dirangkum, “aksi-aksi ini adalah usulan aksi kami dan Sekretaris Bersama. Kami harap kepada K/L agar meninjau kembali apakah ada aksi yang perlu di drop atau ditambahkan,” ungkapnya.
Selanjutnya Sofia menyampaikan agar K/L menyampaikan uusulan aksi yang lebih konkret dan apakah penanggung jawabnya dan instansi terkaitnya sudah benar atau belum. “Mohon dapat memberikan masukan dan target aksi-aksi untuk 2 tahun kedepan seperti apa?” jelasnya.
Kegiatan ini selain dihadiri LPSK, juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Sosial, Bappenas, Kemenlu, Kemendagri, Kemenkop UKM, KPPPA, Kementerian Desa dan PDT, Kemendag, Kemnaker dan lainnya. (Humas Ditjen HAM)

Post Author: operator.info2

Leave a Reply