Konsultasi Teknis Penyelenggaraan Pemajuan HAM di Wilayah Sulteng

Palu, ham.go.id – Bertempat di Ruang Media Teleconference Lantai II Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, pagi ini Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggoro Dasananto didampingi oleh Kepala Bidang HAM, Mangatas Nadeak mengikuti Kegiatan Konsultasi Teknis Penyelenggaraan Pemajuan HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah secara daring dengan Sekretariat Direktorat Jenderal HAM, Rabu (12/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal HAM, Risma Indriyani dan Kepala Bagian Program dan Pelaporan Caturwati, beserta jajarannya terkait dengan hal Teknis Pelaksanaan berbagai kegiatan Pemajuan HAM.

Berbagai kendala yang menghambat selama Covid-19 ini, baik itu kendala yang menghambat pelaksanaan kegiatan maupun kendala dalam penyerapan anggaran, menjadikan kegiatan konsultasi teknis ini menjadi sangat penting.

Sebagai Supervisi, Caturwati menyampaikan salah satunya tentang optimalisasi penyerapan anggaran, kecilnya penyerapan anggaran, walaupun itu terjadi di semua instansi pemerintahan sebagai efek dari pandemi global Covid-19, namun harus ada evaluasi untuk dapat mencapai target secara maksimal dengan mengoptimalisasikan berbagai macam kegiatan, yaitu misalnya dengan melaksanakan kegiatan secara virtual. Dari kegiatan virtual tersebut akan banyak menambah penyerapan anggaran, dimana kegiatan yang sulit dilakukan ditengah covid-19 ini, karena harus mengumpulkan banyak orang, bisa dilakukan secara virtual.

Selanjutnya adalah dalam hal pembentukan Pos Layanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) yang sudah dilakukan di dan di Wilayah Sulawesi Tengah sendiri sudah melakukan kerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis di Lembaga Pemasyarakatan dan Balai Pemasyarakatan.

Hal lain yang disampaikan, yaitu dalam hal persiapan data dukung pelaporan Target Kinerja untuk di upload sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan masing-masing, terutama B09 yang sedang berjalan maupun B12 selanjutnya. “Berbagai kegiatan senantiasa dishare dan selalu berkoordinasi dengan Unit Pusat untuk kebaikan dan peningkatan pemajuan HAM”, tutupnya.

Dalam kegiatan Konsultasi Teknis ini, berlangsung dialog panjang. Berbagai hal teknis dikonsultasikan dan didiskusikan bersama untuk didapatkan solusinya. Semoga kegiatan ini akan membuka cakrawala baru bagi wawasan dan terobosan dalam penatalaksanaan Pemajuan HAM di Wilayah Sulawesi Tengah. (Humas Kanwil Sulteng)

Post Author: operator.info2