KANWIL SUMBAR PERINGATAN HARI HAM SEDUNIA KE-72: “MARI TINGKATKAN KEPEDULIAN TERHADAP HAM”

Padang, ham.go.id – Memperingati Hari HAM Internasional yang diperingati setiap tanggal 10 Desember, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar menyelenggarakan peringatan hari HAM sedunia ke-72 dengan tema “Recover Better, Stand Up for Human Rights” pada Senin 4 Januari 2021 yang bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Sumatera Barat. Acara ini dihadiri oleh Forkopimda, Kapolda, perwakilan Komnasham dan Ombudsman, Bupati/Walikota, Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi Sumatra Barat. Puncak kegiatan ini dirayakan dengan penyerahan penghargaan kepada 11 Bupati/Walikota yang mendapatkan predikat sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM, serta penghargaan kepada 24 Satuan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat, R. Andika Dwi Prasetya.

“Saya mengucapkan apresiasi, terima kasih, dan selamat (atas pencapaian Kepala Daerah), mudah-mudahan kedepannya terus meningkatkan kepedulian terhadap Hak Asasi Manusia. Mari kita rancang rencana aksi, masing-masing Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten, dan Pemerintah Provinsi membuat rencana aksi yang tepat, kita perbanyak aksi-aksi HAM”, ucap Gubernur Sumbar dalam sambutannya. Disamping itu, Irwan Prayitno juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kanwil Kemenkumham Sumbar atas kerjasama, koordinasi, dan sinergitas Kemenkumham dengan Pemerintah Daerah.

Pada kesempatan ini, Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar sebagai perpanjangan tangan Menteri Hukum dan HAM juga menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sumatera Barat atas pencapaiannya dalam melakukan pembinaan kepada seluruh Kab/Kota Sumatera Barat sehingga lebih dari separuh Kab/Kota di Sumbar mendapat penghargaan sebagai Kab/Kota Peduli HAM. “Kita semua sebagai warga Sumatera Barat patut berbangga dan bahagia atas pencapaian ini”, tutur Andika. (Humas Kemenkumham Sumbar)

Post Author: kanwilsumbar