TANGERANG, ham.go.id – “Pemberian pelayanan prima kepada Masyarakat merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi Masyarakat”. Itulah kalimat pembuka yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Agus Toyib, saat membuka secara resmi Diseminasi HAM“ Pelayanan Publik Berbasis HAM di Unit Pelaksana Teknis” di Aula Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. (04/03)

“Pelayanan Publik dikatakan baik jika memenuhi beberapa asas-asas kepentingan umum, kepastian hukum, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban, profesional, partisipatif, persamaan perlakuan/tindakan diskriminatif, keterbukaan, akuntabilitas, fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan, ketepatan waktu, serta kecepatan kemudahan dan keterjangkauan”, lanjut Agus Toyib.

Kakanwil menegaskan jika Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten terus berupaya mendorong jajaran Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten dalam mewujudkan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM).

Dan untuk memudahkan pelaksanaan hal tersebut, Kakanwil meminta agar para Kepala Unit Pelaksana Teknis dan Kelapa Divisi Pelayanan Hukum dan HAM untuk saling berkoordinasi terkait poin-poin yang harus dipenuhi dalam upaya membangun Pelayanan Publik Berbasis HAM di Satuan Kerja sehingga di Tahun 2021 ini Satuan Kerja dengan Predikat Pelayanan Publik Berbasis HAM akan bertambah, mengingat dari 19 Satuan Kerja yang ada, baru Lapas Kelas III Rangkasbitung yang berhasil meraih Predikat tersebut di Tahun 2020 lalu.

“Masih banyak waktu untuk mendapatkan Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM sampai dengan waktu pengumuman 10 Desember 2021 nanti. Kepada Para Kepala UPT, tinggalkan Legacy, salah satu caranya adalah dengan berupaya mendapatkan Pengahrgaan Pelayanan Publik Berbasis HAM dari Menteri Hukum dan HAM di Tahun 2021 ini. Tentunya, sebagai Kepala Kantor Wilayah, saya akan memberikan apresiasi kepada Kepala UPT yang berhasil mewujudkan hal tersebut”, ujar Agus Toyib. (Humas Kanwil Banten)

Post Author: Operator Info 3