Ditjen HAM Turut Berpartisipasi dalam Webinar Vaksinasi Covid-19 dalam Perspektif Hukum dan HAM

Jakarta, ham.go.id – Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia turut berpartisapi dalam Webinar Vaksinasi COVID-19 dalam Perspektif Hukum dan HAM yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Hukum (Himakum) Universitas Nasional. (20/3)

Olivia Dwi Ayu, Kepala Subdit Diseminasi dan Penguatan HAM hadir mewakili Direktur Jenderal HAM dalam memberikan materi mengenai Vaksinasi COVID 19 dan Hak Asasi Manusia. Dalam materinya Olivia menjelaskan keterkaitan Vaksin dengan Hak Asasi Manusia.

“Hak Untuk Hidup termasuk juga Hak atas Kesehatan merupakan hak dasar sehingga di tengah Pandemi ini vaksinasi menjadi salah satu jawaban dalam mengatasi masalah kesehatan yang dialami di seluruh dunia,” jelas Olivia.

lebih lanjut Olivia menjelaskan, Vaksinasi COVID 19 merupakan wujud pemenuhan kewajiban pemerintah untuk melindungi kesehatan publik.

“Dan hal ini dilindungi oleh UU No. 36/2009 yakni hak untuk menerima atau menolak tersebut tidak berlaku pada penderita penyakit yang penyakitnya dapat secara cepat menular ke dalam Masyarakat,” pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Mimin Dwi Hartono, Komnas HAM; Akademisi FH Unas, Hamrin; Direktur Bidang Kesehatan, The Bendungan Institute serta Public Defender LBH Jakarta, Nelson Nikodemus Simamora serta diikuti oleh kurang lebih 150 mahasiswa Universitas Nasional. (Humas DJHAM)

Post Author: operator.info2