Wakili Menkumham, Dirjen HAM Sampaikan Keynote Speech pada Webinar Unissula

Jakarta, ham.go.id – Mewakili MenkumHAM, Direktur Jenderal HAM Mualimin Abdi menyampaikan keynote speech pada acara webinar yang digelar fakultas hukum Universitas Islam Sultan Ageng (Unissula), Sabtu (10/4).

Di hadapan Civitas Academica Unissula, Direktur Jenderal HAM menegaskan bahwa pancasila memiliki peranan yang teramat penting dalam penegakan hukum dan HAM di tanah air.

“Peran penting Pancasila adalah untuk menghasilkan hukum yang benar-benar mengakar di dalam masyarakat,” ungkap Direktur Jenderal HAM.
Sehingga, Mualimin melanjutkan, moral dan keadilan hukum serta jaminan perlindungan HAM dapat diwujudkan.

Mualimin juga menyinggung eratnya keterkaitan antara hukum dan HAM. Ia meyakini bahwa hukum dan HAM harus berjalan beiringan.

“Jika penegakan hukum berjalan tanpa memperhatikan prinsip-prinsip HAM maka akan memunculkan potensi otoritarianisme,” ungkap Mualimin yang hadir secara daring dari kediamannya pagi ini.

Sebaliknya, sambung Mualimin, hukum juga diperlukan untuk mengimplementasikan HAM. “Hukum merupakan alat yang mengatur HAM untuk mendapat hak yang sama dan dipertahankan karena ciri negara kita adalah negara hukum yang menjamin adanya hukum dengan tujuan melindungi hak asasi warga negaranya,” Imbuhnya.

Pada webinar yang bertemakan penegakan hukum dan HAM dalam bingkai Pancasila dan UUD 1945, selain mengundang Direktur Jenderal HAM juga turut hadir sebagai narasumber yaitu Prof. Dr. Suteki yang merupakan guru besar fakultas hukum Universitas Diponegoro. (Humas DJHAM)

Post Author: operator.info2