Lakukan Koordinasi terkait Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM, Tim Yankomas Ditjen HAM Bertolak ke NTB

Mataram, ham.go.id – Direktorat Jenderal HAM terus melakukan upaya koordinasi dengan Kanwil maupun instansi terkait di daerah dalam rangka penanganan dugaan pelanggaran HAM. Kali ini, Bertolak ke Nusa Tenggara Barat selama tiga hari (12-14 April 2021) tim Direktorat Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Dit. Yankomas) berkoordinasi dengan Kanwil Kementerian ATR/BPN setempat guna menindaklanjuti sejumlah aduan masyarakat.

Rapat koordinasi kali ini tidak diselenggarakan di Kanwil KemenkumHAM NTB namun di Kanwil ATR/BPN setempat. Dalam kunjungan ini, tim yang dipimpin Kasi Yankomas Wilayah I, Suryadianto, diterima Plt Kabid Pengevaluasian dan Pemetaan Tanah Kanwil ATR/BPN. Kedua belah pihak membahas dua kasus pengaduan yang berlokus di Bima.

Namun perjalanan tiga hari ke NTB tidak hanya dimanfaatkan untuk koordinasi dan konsultasi terkait dugaan pelanggaran HAM. Rupanya, tim Direktorat Yankomas juga menggelar pelatihan aplikasi SIMAS HAM bagi para pelaksana Pos Yankomas.

Sebagaimana koordinasi dugaan pelanggaran HAM, pelatihan tidak dilaksanakan di Kantor Wilayah. Tim Dit. Yankomas terjun langsung ke keempat UPT KemenkumHAM. Ada pun di UPT tersebut di antaranya adalah Rutan Kelas IIB Lombok Praya, Kanim Kelas I Mataram, Lapas Perempuan Kelas III Mataram dan Lapas Terbuka IIB Lampung Tengah.

Kegiatan pelatihan bagi para pelaksana ini merupakan bagian dari upaya Direktorat Jenderal HAM untuk melakukan pendampingan dan pembinaan Pos Yankomas.

Usai tuntas mengunjungi UPT-UPT, di hari terakhir tim Direktorat Yankomas berkesempatan untuk berdiskusi dengan Kakanwil KemenkumHAM NTB, Harris Sukamto di lapangan apel.

Surya bersama tim memaparkan kepada Kakanwil tentang apa saja yang telah dikerjakan timnya dalam kunjungan 3 hari.

Dalam pertemuan singkat ini, Kakanwil KemenkumHAM NTB menyatakan jajarannya siap untuk mendukung program-program Direktorat Jenderal HAM khususnya Pos Yankomas.

 

“Terimakasih atas penguatan yang telah dilakukan tim Direktorat Jenderal HAM dalam membangun Pos Yankomas di NTB. Semoga kunjungan ini memberikan penambahan wawasan dan kapasitas khususnya bagi para pelaksana tugas Pos Yankomas di UPT-UPT ,” ucap Haris, Rabu (14/4). (Humas DJHAM)

Post Author: operator.info2