Penghargaan Komnas HAM Perwakilan Sumbar pada Kanwil Kemenkumham Sumbar atas Kerjasama dalam P5HAM

Padang, ham.go.id – Kepala Komnas HAM Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Sultanul Arifin beserta jajarannya mengunjungi Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar pada Senin (6/9) dalam rangka silahturahmi dan pemberian piagam penghargaan untuk Kemenkumham Sumbar.

Kedatangan jajaran Komnas HAM Perwakilan Sumbar disambut langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya, serta seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham. Selain itu, pertemuan ini juga dihadiri Kepala Subbidang Pemajuan HAM, Dewi Nofyenti dan Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Hukum dan HAM, Fakhrul Rozi.

Piagam yang dianugrahkan Komnas HAM Perwakilan Sumbar pada Kanwil Kemenkumham Sumbar adalah Penghargaan Atas Kerjasama yang Baik dengan Komnas HAM Perwakilan Sumatera Barat Dalam Rangka Penghormatan, Penegakan, Pemajuan, Pemenuhan, dan Perlindungan HAM di Sumatera Barat.

Dalam bincang-bincang Kakanwil bersama Kepala Komnas HAM Perwakilan Sumbar, Sultanul Arifin mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan Kanwil Kemenkumham dalam upaya penghormatan, penegakan, pemajuan, pemenuhan, dan perlindungan HAM. Diantara upaya yang telah dilakukan adalah pembentukan Law and Human Right Center Kantor Wilayah dan juga penyelesaian permasalahan/isu terkait HAM oleh Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Posyankomas) yang tersebar di satuan kerja Kemenkumham Sumatera Barat maupun dijajaran Kelurahan/Nagari se-Sumbar yang terwujud atas kerjasama Kanwil Kemenkumham Sumbar dengan LKAAM dan KAN Sumatera Barat.

Posyankomas merupakan wadah yang difasilitasi Kanwil Kemenkumham Sumbar dalam melayani komunikasi masyarakat dalam hal pengaduan dugaan pelanggaran HAM dalam bentuk tertulis maupun datang langsung ke Posyankomas terdekat. Penyelenggaraan tugas Yankomas tersebut dilakukan melalui proses koordinasi, konsultasi dan audiensi dalam upaya mencapai pemberian perlindungan dan pemenuhan HAM.

“Kami juga mengapresiasi kesediaan Pimpinan Tinggi Kanwil Kemenkumham Sumbar yang turut aktif berpartisipasi dalam program-program P5 HAM yang Komnas HAM Sumbar lakukan, diantaranya kegiatan Penguatan Jejaring HAM dan diskusi-diskusi terkait HAM “, ujar Kepala Komnas HAM Sumbar.
Kakanwil menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan silahturahmi dan penghargaan yang diberikan oleh Komnas HAM Perwakilan Sumbar sebagai Mitra Kerja Kanwil Kemenkumham Sumbar.

“Partisipasi saya dalam program-program bersama Komnas HAM adalah sebagai cermin bahwa saya dan jajaran siap menjadi garda terdepan untuk perlindungan HAM. Kami (Kanwil Kemenkumham Sumbar) betul-betul ingin menjadi lambaga yang implementatif dalam menjalankan amanat undang-undang terutama dalam penegakan HAM. (Humas Kemenkumham Sumbar)

Post Author: kanwilsumbar