Tinjau Lokasi Yankomas, Kakanwil Kumham NTB Inginkan Rekomendasi Terbaik Bagi Para Pihak

Lombok Barat, ham.go.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat, Haris Sukamto didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Harniati meninjau lokasi pengaduan yang dilaporkan oleh Aliansi Masyarakat Pohdodol melalui Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) terkait dugaan permasalahan HAM (6/9).

Peninjauan lokasi ini merupakan salah satu tahapan yang dilakukan Tim Yankomas sebagai tindaklanjut dari laporan yang disampaikan sekaligus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang berada dekat dengan objek yang dipermasalahkan.

Dalam kesempatan tersebut Haris menuturkan pentingnya pendekatan dialogis dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. “Dengan hati yang lapang, pikiran yang jernih, kita mengharapkan persoalan yang ada terselesaikan dengan solusi yang terbaik,” ucapnya.

“Masyarakat harus sabar dulu. Dengan sabar kita selesaikan satu-satu permasalahan yang ada” sambung Haris.

Selain itu Haris juga menekankan bahwa mekanisme penyelesaian Yankomas adalah dengan mengedepankan cara kekeluargaan. Terciptanya rekomendasi melalui mediasi terhadap para pihak menjadi tujuan utamanya.

Yankomas di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM merupakan wujud nyata negara hadir dalam pemenuhan HAM, dimana negara menyediakan akses komunikasi masyarakat untuk melaporkan dugaan permasalahan HAM. (Humas Kanwil Kemenkumham NTB)

2021090612.png

2021090613.png

2021090614.png

Post Author: Operator Info 3